Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Baru 70 persen perusahaan konstruksi menjaminkan BPJS
  • Selasa, 31 Oktober 2017 — 17:26
  • 430x views

Baru 70 persen perusahaan konstruksi menjaminkan BPJS

Padahal, kepesertaan BPJS wajib hukumnya bagi perusahaan  pemberi kerja.
Seorang pekerja menunjukan kartu BPJS Ketenagakerjaan - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi -Tercatat baru sekitar 70 persen perusahaan kontruksi di Papua yang ikut serta menjaminkan pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Padahal, kepesertaan BPJS wajib hukumnya bagi perusahaan  pemberi kerja.

"Setiap ada kegiatan proyek fisik setiap perusahaan wajib mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerjanya," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Kota Jayapura, Adventus Edison Souhuwat, saat rapat koordinasi dan evaluasi bersama Dinas Pekerjaan Umum Selasa (31/10/2017).

Adventus menyatakan terus menjalin kerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum khususya kegiatan jasa konstruksi agar mengikuti program BPJS dalam upaya keselamatan para pekerja.

"Kami juga mengevaluasi mengingat masih ada kegiatan fisik pada Dinas Pekerjaan Umum yang dikerjaan belum mengcover jaminan sosial bagi para pekerjanya," kata Adventus menjelaskan.

Dalam waktu dekat ini BPJS Jayapura  berencana menggelar pertemuan dengan perusahaan yang bergerak di sektor bidang jasa konstruksi. Pertemuan pembahasan itu lebih rinci karena BPJS Ketenagakerjaan jasa kontruksi berbeda dengan pekerja formal.

Ia mencotohkan, perusahaan hanya cukup membayar Rp 7 juta jika menggarap pekerjaan fisik senilai Rp 6 miliar. “Itu sudah bisa melindungi semua pekerja selama kegiatan tersebut berlangsung. Jadi ini tidak mahal," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua, Djuli Mambaya mengaku program BPJS Ketenagakerjaaan untuk jasa konstruksi sangat bermanfaat.

Sebab kata Djuli, pengobatan para pekerja yang mengalami kecelakaan kerja maupun mengalami meninggal dunia akan menjadi tanggungan BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya harap semua rekanan yang mendapat pekerjaan kegiatan fisik di Dinas PU untuk mendaftarkan para pekerja dalam program BPJS,” kata Djuli.

Menurut dia, para pekerja kontruksi di lapangan rentan kecelakaan kerja.(*)

loading...

Sebelumnya

Papua sedang mendata aparatur sipil

Selanjutnya

Pemprov Papua siapkan surat perintah tugas Wabup Biak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe