Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Rayakan HUT ke-12, MRP tanpa anggota definitif
  • Selasa, 31 Oktober 2017 — 21:14
  • 813x views

Rayakan HUT ke-12, MRP tanpa anggota definitif

Berbeda dari sebelumnya, Majelis Rakyat Papua (MRP),  perayaan HUT ke-12 tahun ini, 31 Oktober 2017, tanpa kehadiran anggota MRP lantaran hingga kini anggota MRP periode 2017-2022 belum dilantik.
Sekda Papua, Hery Dosinaen, saat foto bersama dengan para tamu undangan dalam acara HUT MRP dan Hari Budaya Papua ke-12 - Jubi/Roy Ratumakin
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Berbeda dari sebelumnya, Majelis Rakyat Papua (MRP),  perayaan HUT ke-12 tahun ini, 31 Oktober 2017, tanpa kehadiran anggota MRP lantaran hingga kini anggota MRP periode 2017-2022 belum dilantik.

Walaupun tanpa ketua dan anggota bukan berarti MRP yang merupakan lembaga kultural masyarakat Papua tersebut lupa akan hari jadinya. Melalui sekertariat MRP, digelar acara HUT dengan ibadah syukur yang dihadiri perwakilan Muspida kota Jayapura.

Ketua Panitia HUT MRP merangkap ketua panitia Hari Budaya Papua ke XII, Marhinus Pattabang, mengatakan MRP adalah lembaga kultural orang asli Papua dalam rangka menyuarakan dan memproteksi perlindungan hak-hak masyarakat adat, pemberdayaan, dan penataan kerukunan hidup beragama di atas tanah Papua.

Di tengah masa kesepian dan penantian yang panjang di kantor MRP pasca belum dilantiknya anggota MRP periode 2017-2022 namun pihaknya tidak lupa dengan tanggal 31 Oktober yang merupakan tanggal bersejarah bagi MRP sebagai Hari Budaya Papua.

"Walaupun anggota belum dilantik, namun sebagai ASN, fungsi kesekretariatan MRP tetap jalan. Hal ini dapat dilihat dengan pembentukan Panitia Hari Budaya Papua dan HUT MRP ke XII, karena momentum bersejarah ini tak terlewatkan, sehingga kami berinisiatif menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk ibadah syukur," katanya kepada wartawan, usai kegiatan, Selasa (31/10/2017).

Dikatakan, selain memperingati HUT, pihaknya lebih menekankan pada perayaan Hari Budaya Papua karena dengan begitu pihaknya ingin mengajak seluruh rakyat Papua mengawal dan menjaga semua potensi sumber daya di tanah Papua dan juga untuk merefleksi sejarah perjalanan dan perjuangan hadirnya MRP di tanah Papua.

"Selain itu kami ingin menyatukan pandangan dan sikap semua lembaga dalam rangka pelestarian SDA dan budaya Papua serta mengukur keberhasilan dan kegagalan MRP dalam memproteksi hak-hak masyarakat adat, perlindungan, dan pemberdayaan terhadap orang asli Papua," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen, mengaku Pemerintah Provinsi Papua mempunyai tanggung jawab yang besar atas belum dilantiknya para anggota MRP yang merupakan lembaga kultural orang asli Papua sehingga mengakibatkan kevakuman yang berkepanjangan.

Perjalanan MRP hari ini sudah 12 tahun dan MRP yang seharusnya sudah dilantik keanggotaan yang baru tetapi ada kevakuman sejak Januari 2017 hingga sekarang, dan ini merupakan tugas dan tanggung jawab untuk segera memperjuangkan agar MRP yang tentunya terakomodir dalam penetapan Mendagri untuk segera dilantik keanggotaanya, sehingga lembaga ini bisa bertugas kembali bersama sekertariat MRP menjadi suatu kesatuan.

"Namun sesuai hasil rapat koordinasi persiapan pelantikan anggota MRP Provinsi Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu telah disepakati bahwa rencananya prosesi pelantikan dijadwalkan mulai dari 8 hingga 30 November 2017 yang akan disesuaikan dengan jadwal dari Mendagri," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris MRP, Wusok Siep, mengatakan pembahasan dalam rapat bersama Kemendagri yang menentukan jadwal pelantikan akan dilaporkan kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe. Wusok menyebutkan tidak ada alasan menunda pelantikan anggota MRP.

“Sebab, tugas anggota MRP akan menyeleksi keaslian orang asli Papua kepada seluruh calon Gubernur Papua yang ingin maju Pilgub Papua 2018,” kata Wusok. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Arius Togodli, orang pegunungan pertama menjadi Dekan fakultas kesehatan masyarakat

Selanjutnya

HPS ke-13, Papua menuju agroindustri pangan dan energi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe