Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. OPD wajib mencari solusi peningkatan PAD
  • Rabu, 01 November 2017 — 08:24
  • 410x views

OPD wajib mencari solusi peningkatan PAD

Kepala BadanPerencanaan Daerah (Bapeda) kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi, minta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diwajibkan mengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus mampu meminimalisasi persoalan yang dihadapi sehingga berdampak kepada sistem pengelolaan PAD yang sesuai dengan target yang ditetapkan.
Suasana rapat koordinasi dan evaluasi serta monitoring realisasi PAD kabupaten Jayapura tahun 2017 - Jubi/Engel Wally    
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Kepala BadanPerencanaan Daerah (Bapeda) kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi, minta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diwajibkan mengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus mampu meminimalisasi persoalan yang dihadapi sehingga berdampak kepada sistem pengelolaan PAD yang sesuai dengan target yang ditetapkan.

"Evaluasi dan monitoring PAD ini setiap triwulan kita laksanakan, seharusnya setiap OPD harus menggali potensi-potensi yang dapat menghasilakan PAD di masing-masing OPD sehingga tidak seperti saat ini, semua menyampaikan alasan terkait kendala-kendala yang dihadapi yang berdampak kepada PAD itu sendiri," jelas Hana Hikoyabi yang juga sebagai Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), di aula lantai dua kantor Bupati Jayapura, Selasa (31/10/2017).

Dijelaskan, sesuai Permendagri nomor 54 yang diubah menjadi 76 dan 78, ada empat prioritas sistem keuangan yang harus dilaksanakan pemerintah daerah, salah satunya adalah pemerintah daerah harus mandiri dalam mengelola semua sumber keuangannya tanpa bersandar pada dana transfer yang diberikan pemerintah pusat. Hal ini yang tidak diperhatikan dengan baik oleh masing-masing OPD dalam pengelolaan PAD.

"Komitmen kita di tahun 2018, tahun 2022 sudah tidak ada lagi sistem ketergantungan terhadap dana transfer dari pusat. Oleh sebab itu, sesuai arahan Pelaksana harian Bupati Jayapura bahwa masing-masing OPD harus memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki yang dapat meningkatkan PAD sesuai target yang ditetapkan. Apakah tahun depan kita harus kembali lagi untuk melakukan evaluasi seperti ini, seharusnya grafik kita meningkat dengan tidak mendengarkan kendala di masing-masing OPD tetapi hasil yang diperoleh," ungkapnya.

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD), Theophilus Tegay, mengatakan pihaknya sangat optimis terhadap masing-masing OPD yang diberikan tanggung jawab sebagai pengelola PAD dapat memaksimalkan dua bulan tersisa di tahun 2017 untuk mencapai target keseluruhan PAD yang ditetapkan.

"Target kita untuk tahun ini PAD harus mencapai Rp 101 milair. Kita capai 74 persen dan tersisa 26 persen. Untuk itu, sebagai pengelola pendapatan daerah kita tegaskan lagi di dua bulan terakhir ini masing-masing OPD harus bekerja keras untuk mencapai target yang ditetapkan," ujarnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

KPU akan pertanggungjawabkan dana pilkada

Selanjutnya

DPRD gelar sidang paripurna istimewa penetapan calon Bupati Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe