Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Mencurigakan, calon PPD Jayawijaya anggota partai
  • Rabu, 01 November 2017 — 09:13
  • 862x views

Mencurigakan, calon PPD Jayawijaya anggota partai

Adi menyebutkan keberadaan calon PPD yang dicurigai partisan itu memudahkan KPUD mengoreksi dan tak meloloskan mereka.  
Para calon PPD saat ikut tes tertulis-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi – Sejumlah calon anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) yang mendaftar di komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kabupaten Jayawijaya, dicurigai sebagai anggota partai politik. Bahkan mereka ada yang sudah beberapa kali menjadi anggota PPD hingga dua kali. 

“Kami lihat disini ada anggota partai yang ikut juga, dan beberapa di antaranya mereka yang sudah ikut sebagai PPD selama dua periode,” kata  Ketua KPUD Jayawijaya, Adi Wetipo, di sela pengawasan tes terulis calon PPD, Selasa (31 /10/2017).

Sebanyak 1.280 peserta calon PPD mengikuti tes tertulis di Gedung Ukumearek Asso Wamena, pada Selasa 31 Oktober 2017. Adi menyebutkan keberadaan calon PPD yang dicurigai partisan itu memudahkan KPUD mengoreksi dan tak meloloskan mereka.  

Menurut Adi calon anggota  PPD kali ini terbanyak dari Pemilu sebelumnya, meski begiu tingginya animo peminat PPD tidak akan mengurangi semangat KPUD menyeleksi dan memeriksa berkas calon yang melakukan tes tertulis.

Selain menguji keterlibatan calon yang partisan, KPUD Jayawijaya  akan menempatkan PPD yang lolos disesuaikan dengan KTP asal dari para calon. “Karena jika melihat perbedaan kondisi di Indonesia, wilayah Papua khususnya Jayawijaya sering terjadi masalah dalam penempatan PPD dan PPS,” kata Adi menjelaskan .

Komisioner KPU Jayawijaya Divisi Sosialisasi dan SDM, Markus Way menjelaskan, pelaksanaan penerimaan calon PPD dan PPS didasarkan pada undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 53 dan 54 dengan dikeluarkannya PKPU nomor 12 pasal 18 dan pasal 51,52 dan 53. “Salah satu syarat calon anggota PPD dan PPS untuk mengikuti tes,” kata Markus.

Usai tahapan tes tertulis dilanjutkan dengan pemeriksaan hasil dan tes wawancara, dari hasil tes tertulis akan diumumkan 10 besar bagi 40 distrik berarti akan terdapat 400 PPD di tingkat distrik. “Melalui tes wawancara akan ditetapkan 5 besar untuk 40 distrik, sehingga akan terdapat 200 PPD di tingkat distrik,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Kematian warga Samenage dinyatakan bukan karena wabah

Selanjutnya

Jayawijaya berharap program jembatan udara tepat sasaran

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe