Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Maluku
  3. Operasional bandara Pattimura normal pascagempa
  • Rabu, 01 November 2017 — 17:26
  • 1156x views

Operasional bandara Pattimura normal pascagempa

pihaknya masih melakukan perbaikan atas kerusakan ringan yang terjadi di Bandara Pattimura Ambon.
Bandara Pattimura Ambon. Wikimapia/ Jubi
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Ambon, Jubi - PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Pattimura Ambon, Maluku, memastikan layanan dan kegiatan operasional Bandara Internasional Pattimura Ambon berjalan normal pascagempa.

"Keputusan manajemen untuk tetap mengoperasikan dan memberikan pelayanan seperti biasa diambil berdasarkan hasil damage assesment, dan inspeksi terhadap fasilitas sisi udara (airside) dan sisi darat (landside) Bandara Pattimura Ambon yang dilakukan sejak Senin (31/10) malam hingga Selasa (1/11) pagi," kata General Manager Angkasa Pura I Ambon Amiruddin Florensius di Ambon, Selasa ( 1/11/2017).

Ia menyatakan, damage assesment merupakan tahapan yang dilakukan setelah terjadi bencana alam, termasuk gempa, untuk menilai kelayakan fasilitas bandara untuk beroperasi.

Tahapan ini merupakan bagian dari prosedur "Airport Disaster Management Plan" (ADMP) yang dikembangkan Angkasa Pura I untuk mengantisipasi dampak bencana terhadap kegiatan pelayanan bandara dan pemulihannya.

Gempa terjadi dengan pusat gempa kurang lebih 38 km sampai 50 km barat daya Pulau Ambon Pada Selasa (31/10) antara pukul 18.31 WIT hingga 19.37 WIT dengan intensitas antara 5,2 SR hingga 6,2 SR sebanyak 6 kali, dan diikuti dengan rangkaian gempa dengan intensitas lebih kecil mulai Rabu dini hari hingga pagi.

Gempa ini juga mengakibatkan kerusakan ringan di beberapa titik, baik di terminal bandara maupun kantor administrasi Bandara Pattimura.

"Sejumlah kerusakan di area bandara yakni genteng terminal, plafon di jalur kedatangan dan keberangkatan sisi udara, kaca menara bandara pecah, dan prasasti di Gate 3 yang pecah, tetapi kerusakan ringan tersebut tidak menimbulkan gangguan yang berarti terhadap kelangsungan operasional Bandara Pattimura, sehingga pelayanan bandara tetap berjalan seperti biasa," ujarnya.

Ia mengakui, pihaknya masih melakukan perbaikan atas kerusakan ringan yang terjadi di Bandara Pattimura Ambon.

"Perbaikan terhadap kerusakan ringan masih dilakukan dan akan berlangsung selama beberapa waktu ke depan. Kami mohon maaf kepada penumpang dan calon penumpang pesawat udara atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kegiatan perbaikan ini," katanya.

General Manager Air Navigasi Indonesia cabang Ambon, Dheny Purwo Hariyanto menyatakan, pihaknya menyiapkan fasilitas pendaratan sambil melakukan koordinasi dengan Angkasa Pura I terkait "runway light".

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Angkasa Pura juga dilakukan terkait data kedatangan dan keberangkatan pesawat di bandara.

"Dari 23 pergerakan terdiri dari 12 keberangkatan dan 11 kedatangan, 12 keberangkatan tersebut tidak terjadi keterlambatan penerbangan yang signifikan," (*)

 

loading...

#

Sebelumnya

Kata “Komunis” alat politik memberangus kebebasan berbicara

Selanjutnya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe