Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Bakal calon kada petahana diharap tak ancam bawahan
  • Kamis, 02 November 2017 — 00:59
  • 1091x views

Bakal calon kada petahana diharap tak ancam bawahan

"Kalau merasa tidak mampu, takut kalah, jangan mencalonkan diri lagi. Mengancam kepala distrik, kepala kampung, dan ASN untuk menang dalam pilkada, kalau tidak mereka akan diganti, itu sama saja memaksakan hak orang dalam demokrasi," kata Emus kepada Jubi, Rabu (1/11/2017).
Ilustrasi pilkada serentak - IST 
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Anggota Komisi I DPR Papua bidang pemerintahan, politik, hukum da HAM, Emus Gwijangge mengingatkan bakal calon kepala daerah (kada) petahana di tujuh kabupaten di Papua yang akan meramaikan pilkada serentak 2018, agar tidak berupaya menekan atau mengancam perangkat di bawahnya untuk memenangkan dirinya dalam pilkada mendatang.

Katanya, ia mendapat informasi ada bakal calon kada petahana tujuh kabupaten di Papua yang menekan kepala distrik, kepala kampung, dan aparatur sipil negara (ASN), guna memenangkan dirinya dalam pilkada mendatang.

"Kalau merasa tidak mampu, takut kalah, jangan mencalonkan diri lagi. Mengancam kepala distrik, kepala kampung, dan ASN untuk menang dalam pilkada, kalau tidak mereka akan diganti, itu sama saja memaksakan hak orang dalam demokrasi," kata Emus kepada Jubi, Rabu (1/11/2017).

Menurutnya, ancaman kepada perangkat pemerintah, justru akan menimbulkan masalah nantinya, atau berakibat gesekan di masyarakat, dan yang akan dikorbankan adalah rakyat. 

"Misalnya di Jayawijaya, Mamberamo Tengah, dan Paniai, tiga dari tujuh kabupaten yang akan ikut pilkada selain Puncak, Biak Numfor, Mimika, dan Deiyai," ujarnya. 

Katanya, kalau bakal calon petahana merasa apa yang dilakukannya selama lima tahun memimpin didukung masyarakat, tidak perlu takut kalah. Masyarakat tentu akan mendukungnya kembali memimpin daerah selama periode lima tahun mendatang.

"Kalau ada ASN, kepala distrik, kepala kampung diancam bakal calon incumbent, laporkan saja supaya diproses hukum. Ini cara-cara Orde Baru. Kita harus memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat," katanya.

Kata politikus Partai Demokrat itu, para bakal calon kepala daerah tujuh kabupaten di Papua sebaiknya belajar dari pilkada Kabupaten Nduga tahun ini. Tidak ada masalah antara pasangan calon. Meski ada pihak yang merasa tidak puas, namun diselesaikan secara kekeluargaan. Tidak sampai berujung pada gugatan hukum.

"Jadi bakal calon yang merasa tidak mampu sebaiknya ko (kamu) tra usa (tidak perlu) maju. Ko bisa korbankan mas. Bersainglah lewat program. Jangan hanya siap maju untuk menang, tapi tidak siap kalah. Jangan pakai ko pu kekuasaan untuk ancam kepala kampung, kepala distrik, dan ASN," ucapnya. 

Dikutip dari suarapapua.com, Bupati Paniai, Hengki Kayame meminta kepala kampung dan distrik di wilayah pemerintahannya mendukung dirinya dalam pilkada 2018. 

Ia mengatakan, jika kepala kampung dan distrik masih ingin menggunakan lambang garuda alias tetap menjabat seperti kini, harus menjatuhkan pilihan yang tepat kepada bupati dan wakil bupati Paniai.

"Kalian bisa jadi kepala kampung dan kepala distrik karena saya yang tunjuk kalian, bukan masyarakat yang pilih kalian. Jadi kalau mau terus pakai Garuda, dukung saya," kata Hengki kepada 216 kepala kampung dan 24 kepala distrik dalam suatu pertemuan belum lama ini, di aula kantor Bupati Paniai di Madi, seperti diberikatan suarapapua.com.

Katanya, 14 distrik dan 146 desa yang baru dimekarkan merupakan bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat Paniai untuk menjawab berbagai keluhan yang tidak dapat dijawab langsung pemerintah. (*) 

loading...

Sebelumnya

Pelantikan 14 kursi DPR dipastikan akhir November tahun ini

Selanjutnya

KPUD diingatkan jeli seleksi calon anggota PPD

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe