Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. PCW gelar seminar tentang korupsi di Jayapura
  • Kamis, 02 November 2017 — 20:04
  • 731x views

PCW gelar seminar tentang korupsi di Jayapura

"Yang dilakukan KPK dalam pencegahan korupsi sebenarnya tidak hanya bercerita tentang korupsi saja, tetapi bagaimana yang disebutkan UU nomor 28 tahun 1998, tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” katanya.
Suasana seminar sehari yang dilakukan Papua Corruption Watch - Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Seksi Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Anto Ikayadi, mengatakan selama ini masyarakat hanya mengenal KPK sebagai institusi yang menindak, namun sebenarnya KPK juga bisa mencegah.

Hal ini dikatakannya, saat seminar sehari yang digelar Papua Corruption Watch (PCW), berlangsung di salah satu hotel di Jayapura, Kamis (2/11/2017), bertema "Korupsi di Papua antara Hukum dan Politik".

"Yang dilakukan KPK dalam pencegahan korupsi sebenarnya tidak hanya bercerita tentang korupsi saja, tetapi bagaimana yang disebutkan UU nomor 28 tahun 1998, tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” katanya.

Ditambahkan, pihaknya selama ini melakukan berbagai langkah pencegahan agar masyarakat atau para pejabat publik tidak korupsi, karena hal tersebut merugikan dirinya sendiri dan negara.

“Sistem secanggih apa pun di negeri ini sudah digunakan, mulai dari luar negeri dan dari manapun, untuk mengamankan semua uang yang ada di negara ini. Namun, kita semua tahu dalam waktu beberapa bulan ini, beberapa kepala daerah terjerat operasi tangkap tangan (OTT),” ujarnya.

Dengan begitu, kata dia, apakah kepala daerahnya yang tidak mengerti atau sengaja menyalahgunaan wewenang. “Ini merupakan tantangan kami, karena berbagai upaya sudah dilakukan,” katanya.

Dir Reskrimsus Polda Papua, Kombes Pol Edy Swasono yang hadir dalam kegiatan tersebut juga mengatakan, penegakan hukum sebenarnya merupakan upaya terakhir yang dilakukan, menyusul upaya-upaya pencegahan terhadap korupsi.

“Korupsi bukan sebatas masalah kebutuhan saja, namun sudah menjadi faktor yang berpengaruh. Sebenarnya banyak kegiatan yang sudah kami lakukan dalam rangka pencegahan korupsi di Papua,” katanya.

Dikatakan, selama periode 2017 pihaknya menangani 23 kasus korupsi di Papua dari total kerugian negara sebanyak 122 miliar.

“Kerugian negara yang berhasil diselamatkan termasuk barang bukti yang dikembalikan kepada negara mencapai angka 22,5 miliar, dari berbagai modus operandi yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua,” ujar Edy.

Edy menambahkan, prinsip penegakkan hukum terhadap kasus korupsi terbagi menjadi empat faktor, yang menjadi jaminan akuntabilitas dan kualitas pekerjaan dalam proses penegakan hukum.

Prinsip pertama dalam penegakan hukum khusus korupsi, kata dia, yaitu legalitas atau proses penegakan hukum harus jelas dan berdasar hukum, juga mengacu pada Pasal 1 ayat 1 KUHP.

“Artinya tidak ada rekayasa kasus penegakan hukum dalam masalah korupsi, buktinya selama ini para pelaku sudah mendapatkan vonis dan inkrah, jadi secara uji materil hukum semua terpenuhi dan tidak terjadi cacat dalam prosesnya,” katanya.

Kedua, kata dia, kapabilitas atau kualitas dari penyidik itu sendiri, yang mana penyidik bekerja karena mempunyai kemampuan dan pengetahuan.

"Ketiga, akuntabilitas, yaitu akuntabilitas terhadap internal dan eksternal, yang mana eksternalnya dimaksudkan kepada masyarakat agar pekerjaan dapat dipertanggungjawabkan dan masyarakat dapat mengakses informasi," sampainya.

Sementara yang keempat, kata dia, accepbility yang artinya proses penegakan hukum yang dilakukan Polri tidak melanggar hukum, dan harus mencerminkan rasa keadilan, artinya masyarakat tak merasa terzalimi suatu proses penegakan hukum. (*)

loading...

Sebelumnya

Kampung Nafri di Jayapura dijadikan Kampung Bersih Narkotika

Selanjutnya

Periode Juni-Oktober 2017, PCW temukan beberapa indikasi korupsi di Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe