Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Eks pasar Youtefa akan dibangun rusunawa
  • Minggu, 05 November 2017 — 15:10
  • 755x views

Eks pasar Youtefa akan dibangun rusunawa

Maraknya kasus kebakaran di wilayah pemukiman padat penduduk di kota Jayapura akhir-akhir ini, direspon serius oleh Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Pemerintah kota (Pemkot) Jayapura akan membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di beberapa lokasi bagi warganya. Salah satunya adalah eks pasar Youtefa di Abepura.
Lokasi eks pasar Youtefa di distrik Abepura yang menjadi langgaan banjir bila musim hujan tiba, diwacanakan akan dibangun rusunawa - Jubi
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Maraknya kasus kebakaran di wilayah pemukiman padat penduduk di kota Jayapura akhir-akhir ini, direspon serius oleh Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Pemerintah kota (Pemkot) Jayapura akan membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di beberapa lokasi bagi warganya. Salah satunya adalah eks pasar Youtefa di Abepura.

"Saya ingatkan kepada warga yang tinggal di eks pasar Youtefa untuk bersabar karena daerah tersebut akan kami bangun rusunawa. Kami juga minta ke Pemerintah Provinsi Papua di lokasi tersebut bisa dibangun satu venue untuk PON 2020. Namun kalau tidak, kami akan koordinasi dengan Kementerian Perumahan Rakyat untuk pembangunan rusunawa," kata BTM, sapaan akrab Wali Kota Jayapura, menjawab pertanyaan Jubi, beberapa waktu lalu.

BTM mengatakan sejak lima tahun lalu dirinya sempat minta Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Jayapura membangunr usunawa karena lokasi tersebut adalah milik Pemkota Jayapura.

BTM menjelaskan pembangunan rusunawa ke depan bukan hanya untuk untuk masyarakat yang mengalami musibah kebakaran tetapi juga untuk masyarakat yang selama ini masing tinggal di lereng bukit yang rawan longsor dan bantaran sungai.

"Masyarakat yang tinggal di belakang Polda Papua juga rawan banjir. Kami sudah tanyakan masyarakat setempat apakah mereka bersedia pindah dari lokasi tersebut apabila sudah ada rusunawa. Mereka bersedia," ujarnya.

Soal IMB, menurut BTM, lahan yang akan dibangun rusunawa (eks pasar Youtefa-Red) telah memiliki IMB atas nama Pemerintah Kota Jayapura.

BTM juga mengimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki IMB agar segera mengurusnya karena ada beberapa bangunan yang tidak memiliki dasar hukum sudah disidangkan seperti yang terjadi di samping kantor wali kota. 

"Lahan di samping kantor wali kota sudah dibeli Citra Land dan lahan tersebut akan dibangun sekolah, mall, dan rumah sakit," katanya.

Warga kota Jayapura, Marsel Kelen, mengatakan wacana pembanguna rusunawa sudah pernah diungkapkan Wali Kota Jayapura pada akhir 2014 lalu. 

"Saya dulu sempat tinggal di daerah eks pasar Youtefa. Karena mendengar akan dibangun rusunawa disitu, saya pindah. Wacana pembangunannya Januari 2015. Daripada digusur saya dan keluarga pindah saja. Namun hingga penghujung 2017, hal tersebut belum direalisasi oleh wali kota. Saya tidak tahu kendalanya apa," ujarnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Listrik sering padam, ORI Papua fasilitasi masyarakat bicara dengan PLN 

Selanjutnya

Penguna pil KB di kota Jayapura terus meningkat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe