Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Pemilihan anggota PPD dan PPS Mamteng terkesan tertutup
  • Minggu, 05 November 2017 — 19:48
  • 1468x views

Pemilihan anggota PPD dan PPS Mamteng terkesan tertutup

Rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) menurut Ketua Lintas Suara Mamberamo Tengah Bersatu, Nius Yikwa, ada indikasi sengaja ditutupi serta prosesnya kurang transparan.
Aparatur Sipil Negara (ASN) di Mamteng saat menerima SK di distrik Kelila – Jubi/Islami
Jean Bisay
jean@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) menurut Ketua Lintas Suara Mamberamo Tengah Bersatu, Nius Yikwa, ada indikasi sengaja ditutupi serta prosesnya kurang transparan.

Ia mencontohkan saat pembukaan pendaftaran yang hanya sehari, setelah itu kantor KPUD Mamberamo Tengah di Kobakma, tutup dan tidak ada satu orang pun, ketua maupun anggota, yang berkantor di sana.

Nius mengatakan pihaknya mempunyai tugas memberikan masukan, kritik, dan saran kepada Pemerintah kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah (Mamteng) apabila Pemkab Mamteng melakukan kesalahan atau tidak memberikan respon sentuhan pembangunan kepada masyarakat, terutama jelang Pemilukada 2018.

Satu hal yang sangat disayangkan adalah lembaga penyelenggara Pilkada ini tidak mampu melaksanakan tugas dan tanggung-jawabnya secara profesional dan independen.

“Untuk Mamberamo Tengah, KPUD Mamteng sudah membuka pendaftaran, namun tahapan selanjutnya tidak dilakukan. Ini menimbulkan pertanyaan dalam benak kami. Kenapa KPUD tidak melanjutkan tahapan-tahapan selanjutnya. KPUD Mamteng sudah gagal melaksanakan perekrutan PPD dan PPS," katanya, kepada wartawan di Waena, kota Jayapura, Papua, Jumat (3/11/2017).

Nius Yikwa mengatakan pekan depan sudah masuk tahap wawancara untuk para peserta yang sudah lolos administrasi. Sedangkan di Mamteng tidak jelas.

"Menjadi pertanyaan besar, ada apa dibalik ini. Ibarat ada udang dibalik batu," tegasnya.

Pihaknya menyesal dan marah kepada Ketua KPUD Mamteng karena tidak melakukan tahapan-tahapan sesuai jadwal. Ini sama saja tidak membuka ruang politik atau ruang demokrasi kepada kaum muda di Mamteng.

"Kami tahu dan sangat jelas sekali bahwa KPUD Mamberamo Tengah itu dikendalikan oleh kosong satu kabupaten Mamberamo Tengah," beber Nius Yikwa.

Kinerja KPUD Mamteng tidak hanya terjadi kali ini saja, tetapi sebelumnya pada Pilkada maupun pemilihan legislatif memberikan pengalaman buruk.

Mahasiswa Mamberamo Tengah di Jayapura, Hengky Wanimbo, menambahkan pemerintah dan KPUD Mamteng tidak melaksanakan tahapan Pemilukada sesuai jadwal yang diatur dari pusat, provinsi, hingga ke daerah.

Situasi ini diharapkan jangan sampai menimbulkan gesekan di masyarakat. Pihaknya akan terus mengawal seluruh tahapan-tahapan Pemilukada di daerah itu, sehingga berjalan lancar serta memberi pembelajaran demokrasi yang baik dan benar buat masyarakat. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Dihubungi perihal Lita, Kepsek tak menjawab

Selanjutnya

KPUD Yahukimo umumkan hasil PPD Pilgub 2018 pekan depan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe