Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Ekspor kayu asal Papua terhambat kantor Sucofindo dan Fumigasi
  • Selasa, 07 November 2017 — 22:29
  • 426x views

Ekspor kayu asal Papua terhambat kantor Sucofindo dan Fumigasi

Padahal saat ini permintaan ekspor kayu di Papua sangat tinggi, namun sarana pendukung perizinan tak ada sehingga menyulitkan penjualan kayu olahan ke luar negeri.
Ilustrasi ekspor kayu dari Pelabuhan Jayapura - Dok Jubi
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Pelaku industri pengolahan kayu di Provinsi Papua mengaku masih terkendala izin ekpor karena tidak adanya kantor Sucofindo dan Fumigasi, di Kota Jayapura.

"Ini yang kami sering hadapi, sehingga perlu menjadi perhatian pemerintah," kata Ketua Indonesia Sawmil Woods Asosiation (ISWA) Papua, Daniel Garden di Jayapura, Selasa (7/11/2017).

Padahal saat ini permintaan ekspor kayu di Papua sangat tinggi, namun sarana pendukung perizinan tak ada sehingga menyulitkan penjualan kayu olahan ke luar negeri.

“Kalau mau ekspor kami harus datangkan Sucofindo dari Makasar maupun Fumigasi dari Surabaya, dan semua biaya kita pelaku usaha yang tanggung,” kata Daniel menjelaskan.

ISWA meminta dukungan Pemerintah Provinsi Papua untuk mendorong PT Sucofindo maupun Fumigasi untuk segera membuka kantor di Jayapura. Alasanya kehadiran  perusahaan plat merah pemberi legitimasi sertifikasi industri dan produk olahan itu bagian dari pelayanan.

Ia meminta agar pemerintah Papua ikut mendorong dua institusi itu secepatnya membuka kantor cabang di Jayapura. “Agar pengusaha tidak mengeluarkan biaya besar untuk melakukan ekspor,” katanya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua Elia Loupatty, mengatakan sumber daya alam Pupua cukup kaya, bukan hanya kayu, sehingga ke depan itu harus ada komoditi ekspor lainnya.

"Permintaan ekspor bukan hanya kayu, masih banyak SDA lainnya yang harus kita dorong untuk bisa ekspor . Untuk itu perlu menjadi perhatian para pelaku industri," kata Elia. (*)

loading...

Sebelumnya

Pameran pembangunan Papua digelar 21 November

Selanjutnya

Filep Karma: Penembakan bukan bagian perjuangan Papua merdeka

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe