Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Curanmor di Jayawijaya sangat terorganisir
  • Rabu, 08 November 2017 — 19:12
  • 425x views

Curanmor di Jayawijaya sangat terorganisir

Diakui  tindakan pencurin kendaraan bermotor di wilayah kerjanya saat ini semakin meningkat, hal ini membuat dia meguatkan personil mengungkap pelaku curanmor.
Kendaraan roda dua yang diamankan di Polres Jayawijaya-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi – Kepolisian Resort Jayawijaya mengakui aksi pencurian  motor (Curanmor) dilakukan secara terorganisir. Tindakan kriminal itu juga dilakukan secara profesional dan terus meningkat.  

“Curanmor ini sangat terorganisir,  pelaku langsung menghilangkan  nomor rangka, warna kendaraan dan lainya,” kata Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba, di Wamena, Rabu (8/11/2017).

Pieter mengakui  tindakan pencurin kendaraan bermotor di wilayah kerjanya saat ini semakin meningkat, hal ini membuat dia meguatkan personil mengungkap pelaku curanmor.

“Langkah yang dilakukan secara rutin patroli dari berbagai regu yang disiapkan, karena kasus curanmor semakin meningkat,” kata Pieter menambahkan.

Menurut dia para pelaku pencurian kendaraan juga mampu mengendus patroli aparat degan cara menghentikan aksi pencurian ketika ada patroli polisi.  Mereka baru beraksi ketika tidak ada kegiatan patroli.

Kepala dinas perhubungan Jayawijaya, Pardomuan Harahap, menyatakan akan menertibkan kendaraan meminimalisir penyalahgunaan kendaraan dan meningkatnya kasus curamor. Langkah itu dilakukan dengan cara menguji surat izin induk kendaraan yang beroperasi di Wamena, maupun kendaraan lintas daerah.

“Seperti KIR, ijin trayek dan surat ijin angkutan umum,” kata Pardomuan.

Penertiban ini dilakukan sesuai dengan kewenangan dari dinas perhubungan, dan hal itu sudah dilakukan secara rutin. Meski, ia mengakui saat ini masih  ada kendala belum ada kesadaran masyarakat melengkapi persyaratan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Ia menjelaskan penertiban itu juga tidak menutup kemungkinan hasil curanmor digunakan untuk ojek, sehingga Dishub bersepakat dengan Polres Jayawijaya pendataan ulang setiap pangkalan.

“Agar dilakukan KPPO (Kartu Pengendali Pengemudi Ojek). Anti kami data ulang lagi dan kartunya itu dilengkapi dengan data kendaraan DS dan STNK motor,” kata  Pardomuan  menjelaskan.

Terkait dengan angkutan umum lintas daerah yang sering kelebihan muatan, Dinas perhubungan sudah sering menertibkan, termasukan kendaraan dinas yang dijadikan angkutan umum dengan cara menyurati pemerintah daerah masing-masing. (*)

loading...

Sebelumnya

Jayawijaya segera tertibkan penyalahgunaan kendaraan dinas

Selanjutnya

Pemerintah bantu bahan bangunan masyarakat kampung

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe