Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Pascaoperasi Zebra Matoa, pengurusan SIM melonjak
  • Rabu, 08 November 2017 — 21:02
  • 701x views

Pascaoperasi Zebra Matoa, pengurusan SIM melonjak

"Ini untuk memastikan identitas dan kondisi kesehatan masyarakat yang mengajukan pengurusan SIM secara online, baik SIM baru maupun perpanjangan," kata Iptu Jahja kepada Jubi, Rabu (8/11/2017).
Ilustrasi pengurusan SIM secara online - tribratanews.polri.go.id 
Arjuna Pademme
Editor : Galuwo
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Perwira urusan hubungan masyarakat (Paur Humas) Polres Jayapura Kota, Papua, Inspektur Satu (Iptu) Jahja Rumra mengatakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat warga ingin mengurus surat izin mengemudi (SIM) secara online, baik baru maupun perpanjangan masa berlaku.

Ia mengatakan, syarat yang wajib dipenuhi yakni foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan kesehatan dari dokter di rumah sakit atau puskesmas.

"Ini untuk memastikan identitas dan kondisi kesehatan masyarakat yang mengajukan pengurusan SIM secara online, baik SIM baru maupun perpanjangan," kata Iptu Jahja kepada Jubi, Rabu (8/11/2017).

Menurutnya, selain harus memenuhi syarat administrasi, warga yang mengurus SIM baru  atau memperpanjang SIM, akan mengikuti tes teori dan praktik berkendara. 

"Itu semua harus dilalui sebelum mendapat SIM. Apakah itu SIM baru atau perpanjangan," ujarnya.

Katanya, belakangan ini terjadi lonjakan pengurusan SIM secara online di Polres Jayapura Kota. Baik itu pembuatan SIM baru maupun perpanjangan.

"Ya, meningkat pascaoperasi Zebra Matoa 2017, karena mungkin khawatir terjaring operasi. Kalau sebelumnya yang mengurus SIM dalam sehari berkisar 50 hingga 60 orang, kini mencapai 100 orang," katanya. 

Perwira Registrasi dan Identifikasi (Regident) Satuan Lalu lintas  Polres Jayapura Kota, Iptu Ato Mursyanto mengatakan, sejak 1 November 2017, terjadi peningkatan pengurusan SIM di unit pelayanan SIM Polres Jayapura Kota.

"Dampak operasi Zebra ini menyadarkan pengendara yang selama ini tidak melengkapi surat berkendara, khususnya SIM," kata Iptu Ato Mursyanto. 

Ia mengingatkan masyarakat Kota Jayapura yang belum memiliki SIM supaya segera mengurusnya. Apalagi pembuatan SIM tidak butuh biaya besar atau memakan waktu lama. (*) 

loading...

Sebelumnya

Baleg DPRP sosialisasi raperda di sejumlah daerah

Selanjutnya

Pelantikan anggota DPRP kursi Otsus akhir bulan ini

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe