Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Dogiyai akan punya pasar sentral
  • Kamis, 09 November 2017 — 11:18
  • 911x views

Dogiyai akan punya pasar sentral

Dogiyai ditargetkan akan memiliki pasar sentral pada tahun 2019. Pasar sentral akan menjadi pusat aktivitas pergerakan perekonomian masyarakat 10 distrik di Dogiyai dan kabupaten lintasan seperti Deiyai, Paniai, dan Nabire.
Peletakan batu Pasar Sentral Dogiyai oleh Sekretaris Dinas Perindag Kabupaten Dogiyai, Andi Gobai, Selasa (7/11/2017), di Pasar Baru Moanemani, kabupaten Dogiyai – Jubi/Zely
Zely Ariane
zely.ariane@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Moanemani, Jubi - Dogiyai ditargetkan akan memiliki pasar sentral pada tahun 2019. Pasar sentral akan menjadi pusat aktivitas pergerakan perekonomian masyarakat 10 distrik di Dogiyai dan kabupaten lintasan seperti Deiyai, Paniai, dan Nabire.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) kabupaten Dogiyai, Andi Gobai, kepada Jubi, Selasa (7/11/2017), usai peletakan batu pertama pembangunan Pasar Sentral Dogiyai di Pasar Baru, Moanemani, kabupaten Dogiyai.

“Sejak tahun 2008 pasca pemekaran kabupaten Dogiyai hingga sekarang, Pemerintah kabupaten Dogiyai belum punya pasar permanen. Pasar itu wajah sebuah kabupaten. Sejak tahun 2016 kami mendeklarasikan penataan pasar dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), dan pasar sentral ini menjadi salah satu program utama penataan pasar,” ujar Andi.

Menurutnya, tujuan utama pembangunan Pasar Sentral Dogiyai agar pergerakan perekonomian dan pergerakan uang masyarakat Meepago, khususnya 10 distrik di kabupaten Dogiyai bisa teratur baik.

“Pasar yang kita bangun ini juga bisa bermanfaat bagi kabupaten tetangga seperti Deiyai, Paniai, dan Nabire. Posisi sentral pasar Dogiai akan makin strategis jika jalan trans Papua dari Deiyai ke Timika sudah tembus dan aksesnya terpelihara baik,” kata Andi.

Dana yang dialokasikan untuj pembangunan Pasar Sentral  Dogiyai sebesar Rp 6 miliar, dukungan Kementerian Perdagangan tahun 2016 dan baru bisa direalisasikan pada 2017.

Terkait terpilihnya Jack Dumupa dan Oskar Makai sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dogiay, Andi berharap program pasar bisa dilanjutkan dan dipantau dalam pelaksanaan pembangunannya.

“Pasar ini juga ikut mendukung visi pemerintahan terpilih Dogiyai yang baru, Jack Dumupa – Oskar Makai, sesuai slogan mereka itu Dogiyai Bahagia. Rakyat Dogiyai akan bahagia jika penataan ekonominya diatur baik. Ini awal yang baik untuk pemerintah mencapai visinya. Selama 2017 Disperindag vakum. Saya berharap bupati yang baru bisa melanjutkan program-program penataan ekonomi rakyat ,” kata Andi.

Di lokasi peletakan batu pertama yang berlangsung sederhana di areal pasar baru Dogiyai tersebut, Jack Illusing (27), yang sedang belanja sayur mayur berharap Pasar Sentral Dogiyai bisa benar-benar terealisasi.

“Kalau sudah ada pasar sentral, semua kebutuhan kan sudah ada disini. Kalau sekarang ini susah, karena ikan tidak ada di sini, bumbu-bumbu kering dan beberapa barang lain harus beli di tempat lain, jadi kita mengeluarkan ongkos lebih,” kata dia kepada Jubi sambil menyaksikan acara peletakan batu itu dari kejauhan.

Bagi Jack, pasar sentral harapannya itu akan bagus dan luas.

“Kalau pasar sempit kita pergi beli juga kurang nyaman. Mama-mama Papua akan bisa berjualan dengan baik dan nyaman. Karena biasanya mama jualan di pintu masuk pasar, kena panas dan hujan, dari pagi sampai malam. Sayang mereka,” kata dia sambil membayar sayur labu dari seorang mama yang berjualan dekat pintu masuk pasar. (*)

loading...

Sebelumnya

Omset penjual nasi kuning di Nabire Rp5 juta per bulan

Selanjutnya

Realisasi BBM satu harga di Papua dilakukan bertahap

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe