Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Warga Lanny Jaya protes perubahan kependudukan
  • Minggu, 12 November 2017 — 19:05
  • 1444x views

Warga Lanny Jaya protes perubahan kependudukan

Aksi pemalangan yang digelar pada Sabtu 11 November 2017 itu dipicu perubahan daftar pemilih tetap (DPT) secara drastis yang terjadi di 15 distrik di dapil III Lanny Jaya.
Pemalangan sekretariat KPU Lanny Jaya di Wamena, Jayawijaya-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
Editor : Edi Faisol
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi – Puluhan warga masyarakat dari daerah pemilihan III Kabupaten Lanny Jaya, memprotes agregat data kependudukan dengan cara memalang pintu sekretariat komisi pemilihan umum daerah (KPUD), di jalan Irian atas, Wamena.

Aksi pemalangan yang digelar pada Sabtu 11 November 2017 itu dipicu perubahan data kependudukan secara drastis yang terjadi di 15 distrik di dapil III Lanny Jaya.

“Ini akan akan menimbulkan pengurangan jumlah penduduk di 15 distrik tersebut tidak sesuai dengan DPT saat Pileg 2014 lalu,” kata perwakilan demonstran, Denius Wenda, sabtu (11/11/2017).

Ia mengatakan aksi memalang kantor KPUD merupakan luapan kekecewaan terhadap pemerintah Lanny Jaya. Ia menuding ada oknum tertentu yang sengaja mengurangi jumlah DPT yang ada di 15 distrik wilayah dapil III Lanny Jaya.

“Ada pemangkasan jumlah suara dari 15 distrik itu, dan ini sengaja dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” kata Denius menambahkan.

Ia menuding modus yag dilakukan untuk mengubah data kependudukan dengan cara memberikan data kepada distrik lain yang mengalami kekurangan suara khususnya di Dapil III.

Demontran meminta agar pemerintah Lanny Jaya segera menggelar mediasi pertemuan dengan warga masyarakat di dapil III agar dapat mengembalikan data sesuai kependudukan yang telah dipangkas .

Denius mengancam warga akan menggelar aksi pemalangan yang sama di beberapa titik-titik yang telah ditentukan, jika pemerintah, DPRD dan KPUD Lany Jaya tidak menanggapi.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lanny Jaya, Rida Ratna Kogoya menuding pengurangan jumlah data penduduk itu akan memancing situasi buruk di tengah masyarakat Lanny Jaya sendiri.

“Itu akan berpengaruh pada DPT pada 15 Distrik di dapil III, jangan dianggap masalah sepele, namun harus menjadi perhatian pemerintah daerah setempat,”kata Riida Ratna.

Ia meminta KPUD dan pemerintah daerah mengundang masyarakat Dapil III untuk menyelesaikan permasalahan.

“Dengan kejadian ini kami merasa sengaja tidak diakui sebagai warga Lanny Jaya, kalau begini ini bisa dikatakan pembunuhan karakter,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Beragam rangkaian kegiatan digelar sambut hari AIDS

Selanjutnya

Protes data kependudukan, warga Lanny Jaya ancam Golput

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe