Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Jangan remehkan sebelum tahu keuntungan usaha tambal ban
  • Minggu, 12 November 2017 — 18:03
  • 1312x views

Jangan remehkan sebelum tahu keuntungan usaha tambal ban

Ternyata usaha itu bisa menghasilkan uang yang tak sekedar untuk memenuhi hidup.
Agung, seorang karyawan saat membuka ban yang bocor untuk menambal, Minggu, (12/11/2017) – Jubi/Abeth You
Abeth You
Editor : Edi Faisol
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Nabire, Jubi - Tambal ban kendaraan roda dua atau motor mungkin dipandang pekerjaan yang sepele dan kurang layak bagi sebagian orang. Tapi, ternyata usaha itu bisa menghasilkan uang yang tak sekedar untuk memenuhi hidup.

Usaha jenis jasa membantu penunggang sepeda motor dan mobil yang kadang bocor itu mampu menghasilkan rata-rata hingga Rp 3 juta per bulan.

“Dengan nilai jasa tambal satu kali kebocoran Rp10 ribu. Rata-rata sehari melayani hingga 10 tambalan sepeda motor,” kata Muh. Ilham, 37 tahu, pengelola bengkel Rajawali  di jalan RE Marthadinata, Siriwini, tepatnya di samping RSUD Nabire.

Ilham sengaja membuka usaha yang biasa dikerjakan di pinggir jalan itu dengan pertimbangan hampir setiap orang saat ini memiliki kendaraan, baik roda dua seperti motor atau pun roda empat seperti mobil pribadi dan angkutan umum.

“Namanya kendaraan begitu banyak, bisa dipastikan akan selalu saja ada yang mengalami kerusakan di bagian roda, baik bocor, kempes, ataupun pecah ban,” kata Ilham menambahkan.

Hal itu menjadi alasan ia membuka peluang usaha jasa tambal ban yang sangat dibutuhkan pengguna kendaraan dan jalan raya. Ilham sendiri hanya modal sederhana, selain kemampuan khusus menambal ban dengan peralatan sederhana.

“Saya yakin setiap orang pun pasti bisa melakukannya asalkan memiliki niat,” kata Ilham meyakinkan.

Bermodalkan kompresor atau tabung pengisi angin dan seperangkat alat bongkar roda, Ilham mengaku tak hanya punya pemasukan dari jasa tambal, namun juga isi angin yang dipastikan selalu ada yang memerlukan saban hari.

Usaha itu juga dilakoni Agung, seorang karyawan swasta yang memanfaatkan waktu luangnya untuk membuka bengkel tambal ban.  “Proses menambal ban tidak terlalu sulit. Dua kali mencoba yakin saja akan langsung bisa menguasainya,” kata Agung.

Ia menjelaskan,  berlatih membongkar roda dan menambal ban cenderung mudah. “Yang penting alatnya lengkap. Seperti pompa, kunci pentil, alat press, bak, karet, lem, karet penambal, alat bakar ban, pencukil ban," katanya.

Ta heran profesi itu menjadi sampingan ia bekerja hingga tujuh tahun ini. (*)

loading...

Sebelumnya

Tingkatkan literasi keuangan generasi milenial, OJK gencarkan sosialisasi di sekolah

Selanjutnya

Pelni: Masyarakat lebih memilih naik pesawat 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe