Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Pernyataannya direspons pangdam, ini kata legislator Papua
  • Senin, 13 November 2017 — 02:42
  • 2053x views

Pernyataannya direspons pangdam, ini kata legislator Papua

"Saya kan hanya mengingatkan, supaya tidak mengabaikan HAM. Menanggapi pernyataan pangdam sehari sebelumnya," kata Kadepa ketika menghubungi Jubi, Minggu (12/11/2017) petang.
Legislator Papua, Laurenzus Kadepa (kiri) bersalaman dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe - Jubi.Dok
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Legislator Papua, Laurenzus Kadepa menyatakan, pernyataannya pekan lalu yang mengingatkan aparat keamanan, supaya tidak mengabaikan HAM dalam menindak kelompok bersenjata di Tembagapura, Mimika, bukan menuduh, menduga atau lainnya, namun ia menanggapi pernyataan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit sehari sebelumnya di berbagai media online.

"Saya kan hanya mengingatkan, supaya tidak mengabaikan HAM. Menanggapi pernyataan pangdam sehari sebelumnya," kata Kadepa ketika menghubungi Jubi, Minggu (12/11/2017) petang.

Menurutnya, di berbagai media online ketika itu, Pangdam George Elnadus Supit menyatakan mengesampingkan dulu HAM dalam menindak kelompok bersenjata di Mimika.

"Makanya saya bilang, saya setuju penegakan hukum, tapi tidak setuju kalau mengabaikan HAM, karena saya khawatir masyarakat sipil yang tidak bersalah korban. Saya tidak akan berkomentar kalau tidak ada pernyataan Pangdam sebelumnya," ujarnya.

Katanya, silakan browsing di mesin pencarian google dengan kata kunci "Pangdam: sekarang kita kesampingkan HAM", maka akan muncul pemberitaan terkait pernyataan pangdam, 6 November 2017, yang dimuat di berbagai media online lokal dan nasional, 7 November 2017.

"Berita inilah yang saya respons. Saya menanggapi pernyataan Pangdam Cenderawasih. Keliru kalau saya dianggap menduga, menuding atau menuduh," katanya.

Diberitakan berbagai media online, 7 November 2017, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit mengatakan, dalam menindak kelompok bersenjata di wilayah Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua pihaknya mengesampingkan HAM. Sebab, perlakuan kelompok ini telah memakan banyak korban baik masyarakat sipil maupun aparat.

Namun beberapa hari kemudian, pernyataan itu ditanggapi Legislator Papua, Laurenzus Kadepa yang mengingatkan aparat keamanan tidak mengabaikan HAM, karena khawatir warga sipil tak bersalah korban.

Mayjen TNI George Elnadus Supit pun menyatakan, pihaknya tidak mengesampingkan HAM.

"Tetapi maksud dari yang saya sampaikan kepada para prajurit yaitu supaya jangan takut dengan isu HAM dan jangan ragu bertindak apabila sesuai dengan prosedur yang ada," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit.

Katanya, pengejaran terhadap kelompok bersenjata di Tembagapura sudah dilakukan oleh aparat gabungan TNI–Polri, karena sudah banyak korban yang ditimbulkan karena ulah KKB tersebut.

"Kami tidak pernah mengesampingkan HAM, yang saya sampaikan maksudnya adalah agar para prajurit jangan ambil pusing dengan isu HAM. Intinya berbuat dan bertindak sesuai dengan prosedur yang berlaku. Prajurit saya adalah prajurit yang terlatih baik dalam hal bertempur maupun HAM, namun kadang mereka masih ragu bertindak," ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Raperdasi pemerintahan proteksi OAP dalam birokrasi

Selanjutnya

Putusan kasus sengketa lahan SMAN Mankor dipertanyakan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe