Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Jayawijaya dapat bantuan rumah layak huni
  • Senin, 13 November 2017 — 18:10
  • 867x views

Jayawijaya dapat bantuan rumah layak huni

Bantuan dibagun untuk masyarakat di sejumlah distrik di Jayawijaya.
Illustrasi perumahan-Jubi/Ist
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi –Pemerintah Kabupaten Jayawijaya telah menerima paket kegiatan pembangunan rumah sehat atau layak huni. Bantuan dibagun untuk masyarakat di sejumlah distrik di Jayawijaya.

“Paket kegiatan itu 23 rumah sehat atau layak huni tipe 36 dari kementerian PUPR, kami sangat apresiasi sebagai bentuk komitmen bersama,” kata Asisten I Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono, kepada wartawan di Wamena, Senin (13/11/2017).

Bantuan itu sebagai fasilitas hunian kepada masyarakat di Jayawijaya, khususnya terkait dengan rumah sehat yang selama masih dibutuhkan masyarakat yang belum memiliki rumah layak.

Tinggal berharap bantuan itu dapat berkelanjutan di wilayahnya, karena sebagian masyarakat di Jayawijaya memang memerlukan hunian yang layak. “Kami juga akan bekoordinasi terus menerus, sehingga yang perlu dilengkapi dengan kegiatan atau kebutuhan pemenuhan rakyat ini bisa berkelanjutan,” ujar Tinggal menambahkan.

Sebelumnya, pemerintah telah merampungkan pembangunan 106 unit rumah sehat bagi warga kurang mampu yang tersebar di Kabupaten Jayawijaya pada tahun anggaran 2017.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jayawijaya, Kondar Siregar, mengatakan sumber dana pembangunan 106 rumah itu berasal dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Pada tahun 2017 ini dianggarkan pembangunan 106 rumah sehat baik dari APBN, APBD provinsi dan APBD kabupaten,” kata Kondar.

 Dari jumlah keseluruhan itu, 30 unit rumah yang tersebar di tujuh distrik dibangun dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Jayawijaya. Sedangkan  APBD tahun 2017 yang bersumber dari dana Otsus, disiapkan 30 rumah sehat.

Tercatat pembangunannya tersebar di Distrik Walesi 10 unit, Astotipo 3 unit, Maima 4 unit, Pabukoba 3 unit, Distrik Wamena 4 unit, Tagineri 3 unit dan Distrik Koragi 3 unit. Sementara rumah yang dibangun dengan APBD Provinsi Papua adalah sebanyak tiga unit dan tersebar di Distrik Wamena Kota.

"Type-nya 43 plus. Rumah sehat ini berbasis budaya lokal, jadi dibangun mirip rumah adat,” kata Kondar menjelaskan.

Khusus untuk rumah yang merupakan bantuan dari APBN sebanyak 73 unit, menurut dia bantuan itu tersebar di Distrik Palebaga sebanyak 23 unit dan di Distrik Hubikiak sebanyak 50 unit.

"Yang di Palebaga itu pengerjaanya sudah 70 persen, sementara yang di Hubikiak baru 20 persen," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Tenaga medis di Jayawijaya dapat SK calon pegawai

Selanjutnya

Ini pesan Pemda Jayawijaya pada hari kesehatan nasional

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe