Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Komisi IV DPRP yakin serapan APBD capai 80 persen
  • Selasa, 14 November 2017 — 05:07
  • 572x views

Komisi IV DPRP yakin serapan APBD capai 80 persen

“Kami bisa katakan dalam November ini bisa mencapai 70-80 persen. Kami akan lihat serapan terakhir tahun anggaran 2017 pada Desember mendatang,” katanya, Senin (13/11/2017).
Komisi IV DPR Papua ketika turun lapangan di salah satu wilayah di Papua belum lama ini – laman facebook Thomas Sondegau
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi IV DPR Papua yang membidangi infrastruktur yakin serapan APBD 2017 oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi mitra komisi itu akan berkisar 70-80 persen, dalam tahun anggaran 2017.

Ketua Komisi IV DPR Papua, Yarius Balingga mengatakan, beberapa OPD mitra komisinya yang penyerapan anggarannya di atas 50 persen, Oktober 2017 yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan.

“Kami bisa katakan dalam November ini bisa mencapai 70-80 persen. Kami akan lihat serapan terakhir tahun anggaran 2017 pada Desember mendatang,” katanya, Senin (13/11/2017).

Menurutnya, tidak maksimalnya penyerapan anggaran tahun ini tidak sepenuhnya kesalahan OPD. Ada faktor lain yang mempengaruhi lambatnya pelaksanaan program, terutama kegiatan fisik.

“Kami ikuti, keterlambatan itu bukan hanya karena dinas, tapi ada karena faktor di Unit Layanan Pengadaan (ULP), keterlambatan pelantikan pejabat eseleon, dan lainnya,” ujarnya.

Meski begitu kata Yarius, pekerjaan yang telah diprogramkan semua dapat dilaksanakan. Komisi IV akan terus melakukan pengawasan setiap proyek infrastruktur dan berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Kami sudah pantau semua daerah yang ada proyek dari APBD provinsi, dan tidak ada yang tidak jalan. Kami dorong supaya proyek infrastruktur, terutama jalan dan jembatan diselesaikan tahun ini,” katanya.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, tidak maksimalnya penyerapan APBD Provinsi Papua tahun anggaran 2017 menjadi catatan untuk pihak eksekutif.

"Tahun ini penyerapan anggaran sedikit mengalami keterlambatan daya serap. Ini disebabkan beberapa faktor di antaranya lambatnya proses lelang, tender dan lainnya," kata Wonda akhir pekan lalu.

Menurutnya, kemungkinan sebagian besar anggaran pada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Papua tahun ini tidak dapat terserap secara maksimal.

“Sangat disayangkan jika hampir sebagian besar anggaran harus dikembalikan ke kas negara lantaran tidak terserap maksimal,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Aparat keamanan dan OPM saling tuding, ini kata legislator Papua

Selanjutnya

Masyarakat beberapa distrik di Yahukimo butuh jalan dan jembatan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe