Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. CRC mengajak dan memanjakan publik Papua berliterasi
  • Selasa, 14 November 2017 — 11:19
  • 589x views

CRC mengajak dan memanjakan publik Papua berliterasi

perpustakaan mini itu sengaja dihadirkan melibatkan berbagi pihak di antaranya Endru dan Stepy Andriani, serta beberapa Alumni F-MIPA Uncen. Mereka bersama-sama menghadirkan CRC untuk membrantas budaya tutur menjadi budaya literasi lewat persediaan bahan bacaan yang bermutu di lingkungan masyarakat.
Michael Jhon Yaresetouw pendiri Cendrawasih Reading Center (CRC) ketika memegang sebuah buku di Perpustakaan Mini yang didirikan bersama rekan-rekannya - Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi-Dengan motto “Membaca Untuk Masadepan” Cenderawasih Reading Center (CRC), hadir mengajak dan memanjakan publik papua gemar berliterasi. Semangat itu hadir dengan dasar pemikiran membaca sangat penting.

“Sebab buku adalah jendela dunia, itu dasar menginisiasi membuka perpustakaan mini ini,” kata Ketua Cenderewasih Reading Center (CRC) Michael Jhon Yarisetouw, kepada Jubi, di sekretariat CRC, Jayapura, Selasa, (14/11/2017).

Yarisetouw mengakui perpustakaan mini itu sengaja dihadirkan melibatkan berbagi pihak di antaranya Endru dan Stepy Andriani, serta beberapa Alumni F-MIPA Uncen. Mereka bersama-sama menghadirkan CRC untuk membrantas budaya tutur menjadi budaya literasi lewat persediaan bahan bacaan yang bermutu di lingkungan masyarakat.

“Guna membangun pemuda Papua yang cerdas, gerakan ini dibuat tanpa pungutan biaya, atau gratis ” kata Yarisetouw menambahkan.

Lewat CRC Yarisetouw, menyediakan beragam Jenis buku di antaranya tentang pembangunan karakter, soft skil, teknologi tempat guna dan kompter, buku sejarah perjuangan, filsafat, biografi tokoh nasional dan internasional, novel, dan keagamaan dari 123 judul buku yang disediakan.

Perpustakaan mini yang ia kelola di areal perumnas tiga Waena, tepatnya berhadapan dengan Kabesma Uncen, kelurahan Yabansai itu diakui sengaja menyasar kalangan  mahasiswa dan pemuda agar membiasakan diri untuk membaca buku.

Ia punya prinsip bahan bacaan yang bagus dan lingkungan yang positif akan merubah pola pikir pemuda Papua. Ide yang ia tuangkan dalam mendirikan perpustakaan mini itu juga dipengaruhi  banyak sekali pemuda Papua yang jenuh ketika berhadapan dengan buku.

Tak jarang mereka terjun ke hal-hal yang negatif terlibat dengan miras, dan narkoba. “Ini faktor dari lingkungan kurang bagus, sehingga tercipta juga karakter yang tidak bagus,” katanya menambahkan.

Mantan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Cenderawasih Periode 2014-2015 mengakui kondisi sosial, politik, ekonomi, di Papua yang begitu menekan pemuda papua itu yang membuat mereka memilih jalan negatif.

Perpustakaan mini ini yang ia kelola tidak hanya sekedar tempat memanjakan membaca. Yarisetouw juga menyediakan ruang untuk diskusi bersama. Konsep itu sengaja dibuat dengan tujuan bacaan yang telah dibacanya tidak hanya simpan di otak, namun dapat dituangkan dalam diskusi yang tercipta kita saling berbagi pengetahuan.

Leo Himan, seorang pengunjung mengatakan selalu hadr di CRC, menghabiskan waktu  30 hingga 50 menit untuk membaca di CRC.

“Sebagai generasi muda saya mengapresiasi inisitif perpustakaan untuk menumbuh kembangkan organisasi ini ke depan,” kata Leo.

Leo menyadari dengan membaca bisa membuat apa saja, kondisi itu juga membuat ia mengajak kepada mahasiswa ketika pulang kampus bisa singgah untuk membaca buku. “Karena membaca ini sangat penting bagi Tanah Papua kedepannya,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pemkot Jayapura didesak bentuk tim komunikasi pedagang

Selanjutnya

Bahasa daerah Jayapura nyaris punah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe