Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Bappeda bahas tata ruang strategis sampah danau Sentani 
  • Selasa, 14 November 2017 — 12:21
  • 440x views

Bappeda bahas tata ruang strategis sampah danau Sentani 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Jayapura merasa sangat penting untuk mengajak semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam penanganan sampah di daerah ini secara khusus di danau Sentani. 
Suasana sosialisasi dan koordinasi tata ruang strategis pengelolaan sampah danau Sentani, di gedung serbaguna kantor kelurahan Sentani Kota - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Danau Sentani, salah satu dari 15 danau di Indonesia, yang mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dalam hal ini Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) sejak tahun 2012 lalu.

Kendati demikian, perhatian yang nyata untuk menjadikan danau Sentani bebas dari tempat pembuangan sampah belum juga dilaksankan. Oleh sebab itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Jayapura merasa sangat penting untuk mengajak semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam penanganan sampah di daerah ini secara khusus di danau Sentani. 

Kepala Bappeda kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi, mengatakan penanganan sampah secara khusus di danau Sentani harus dilakukan semua pihak. Secara khusus kepada instansi teknis, Hana menyarankan agar dalam program kerja yang disusun dalam lingkup dinas tersebut paling tidak mengakomodir persoalan sampah dan penanganannya.

"Dari sisi perencanaan, Bappeda telah mengarahkan persoalan ini agar menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Tetapi secara khusus bagi instansi teknis harus dapat melaksanakan dalam program kerja," ujar Hana Hikoyabi, di gedung serbaguna Kantor Kelurahan Sentani Kota, tempat diselenggarakan sosialisasi dan koordinasi tata ruang strategis yang diselenggarakan oleh Bappeda dan kelompok-kelompok pecinta lingkungan di kabupaten Jayapura, Selasa (14/11/2017).

Dijelaskan, program kerja yang harus dilaksanakan oleh instansi teknis adalah program kerja yang mengarahkan kepada penangan dan pengawasan pembuangan sampah masyarakat yang mengarah kepada pencemaran danau Sentani. 

Menurutnya, dari tata ruang dan wilayah danau ini sendiri lebih luas di dalam wilayah kabupaten Jayapura. Sehingga apapun kondisinya, kita yang harus bertanggung-jawab bersama semua masyarakat yang ada di pinggiran maupun di kota.

"Dengan terkontaminasinya air di danau Sentani oleh beraneka sampah yang masuk kedalamnya tentu akan mempengaruhi proses perkembangbiakan hewan dan tumbuhan endemik di danau Sentani. Sehingga mau tidak mau dan suka tidak suka hal ini harus dilaksanakan saat ini juga. Harapan kami dari sosialisasi bersama komponen masyarakat saat ini dapat berdampak dan dilaksanakan," jelasnya.

Pemerhati lingkungan di kabupaten Jayapura, Marshall Suebu, mengatakan perlu ada pemahaman sederhana terkait pengelolaan sampah dengan baik di tengah masyarakat sehingga mereka juga tidak gagal paham terkait apa yang disuarakan hari ini tentang lingkungan dan bahaya yang akan mengancam di kemudian hari.

“Bagaiman pengelolaan sampah yang sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat saat ini, hal itu yang akan berdampak ketika dilaksanakan secara kontinyu oleh masyarakat kita. Jika hal ini tidak dilakukan maka segala aturan dan sosialisasi yang dilakukan terus menerus akan tidak ada manfaat bagi mereka dan mungkin saja tidak akan pernah dilakukan," ungkapnya.

Sosilisasi diikuti sejumlah komponen masyarakat di lingkungan kelurahan Sentani kota dan sekitarnya seperti perwakilan masyarakat di masing-masing RT/RW di kelurahan Sentani Kota, kelompok pemerhati lingkungan, pengurus bank sampah, ikatan tour guide kabupaten Jayapura, LSM, tokoh adat, perempuan, masyarakat, dan agama. (*)  

loading...

Sebelumnya

UPTD Pasar Pharaa Sentani kesulitan mengatur pedagang 

Selanjutnya

Paling lambat Januari 2018, TPA Waibron akan diserahkan ke Pemkab Jayapura 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe