Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Warga Jayapura diminta siapkan dua kantong plastik di rumah
  • Rabu, 15 November 2017 — 15:28
  • 495x views

Warga Jayapura diminta siapkan dua kantong plastik di rumah

Hasil dari kegiatan sosialisasi terkait tata ruang strategis dan pengelolaan sampah di danau Sentani yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pambangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Jayapura, menghasilkan dua komitmen, yakni masyarakat harus menyiapkan dua kantong plastik sampah di setiap rumah. Satu kantong plastik untuk sampah organik dan yang lain untuk sampah anorganik.
Ilustrasi sistem pengelolaan sampah pelastik yang dicacah dengan mesin di bank sampah yang diambil dari pengumpul dan TPA di sekitar Jayapura - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Hasil dari kegiatan sosialisasi terkait tata ruang strategis dan pengelolaan sampah di danau Sentani yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pambangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Jayapura bersama sejumlah pihak terkait di daerah ini, menghasilkan dua komitmen, yakni masyarakat harus menyiapkan dua kantong plastik sampah di setiap rumah. Satu kantong plastik untuk sampah organik dan yang lain untuk sampah anorganik.

Pemerhati lingkungan di kabupaten Jayapura, Marshall Suebu, menilai apa yang menjadi komitmen masyarakat terkait pengelolaan sampah dengan menyiapkan dua kantung plastik di setiap rumah untuk menampung sampah organik dan anorganik sudah sangat baik dan harus didorong dengan ketersediaan fasilitas pendukung lainnya.

Menurutnya, apa yang menjadi komitmen masyarakat kita tidak hanya sebatas sebuah kebiasaan dalam mengelola sampah keluarga. Pemerintah berkewajiban menyiapkan fasilitas pendukungnya sehingga kebiasaan ini terus berlangsung dengan baik. Fasilitas pendukung seperti armada pengangkut, tempat sampah sementara, hingga tempat pembuangan akhir serta tenaga pengangkutnya. Sebab kalau tidak demikian, kebiasaan yang dimulai saat ini tidak akan berjalan dengan baik. 

"Ingin menjadi baik dimulai dengan membiasakan segala sesuatu, termasuk apa yang sudah menjadi komitmen masyarakat saat ini dengan menyiapkan dua kantong plastik di setiap rumah sebagai wadah penampung sampah rumah tangga," ujar Marshall Suebu, saat dihubungi melalui telepon selulernya, di Sentani, Rabu (15/11/2017).

Ditemui terpisah, pengelola Bank Sampah Khena Mbay Umbay, Farah Febriyanti, mengatakan apa yang dilakukan masyarakat sudah banyak membantu kerja pemerintah. Sekarang, bagaimana respon pemerintah terkait komitmen yang diambil masyarakat.  

"Komitmen masyarakat saat ini sudah cukup baik. Artinya, dalam sisi pengelolaan sampah nantinya sudah tidak seperti yang lalu. Di sinilah terlihat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengelola sampah itu sendiri yang dimulai dari rumah tangga masing-masing. Sekarang bagaimana dengan pemerintah yang mempunyai tugas menyiapkan fasilitas pendukung lainnya seperti armada pengangkut, tenaga pengangkut, dan tempat penampungan sampah sementara dan tempat pembuangan akhir," ungkapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

PAD pelayanan satu pintu tembus Rp 3 miliar 

Selanjutnya

Terminal pasar Pharaa akan direnovasi, pedagang akan direlokasi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe