Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Ujicoba SPBU Oksibil dan Maybrat, sebelum diresmikan
  • Kamis, 16 November 2017 — 12:09
  • 1111x views

Ujicoba SPBU Oksibil dan Maybrat, sebelum diresmikan

"Kami akan meresmikan SPBU satu harga di Oksibil dan Maybrat. Minggu ini ujicoba operasi dulu. BBM dalam proses pengiriman ke lokasi," kata Manager Fuel Retail PT Pertamina MOR 8 Papua-Maluku, Zibali Hisbul Masih, saat dihubungi melalui WhatsApp, Kamis (16/11/2017).
Dalam rangka Hari Pelanggan yang diperingati beberapa waktu lalu, Pertamina berikan pengisian full tank Pertamax di SPBU Entrop - Jubi/Sindung
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - PT Pertamina (Persero) Wilayah Papua dan Maluku menyatakan sua SPBU Kompak BBM Satu Harga akan segera meresmikan di Oksibil kabupaten Pegunungan Bintang Papua dan Maybrat kabupaten Sorong Papua Barat. 

"Kami akan meresmikan SPBU satu harga di Oksibil dan Maybrat. Minggu ini ujicoba operasi dulu. BBM dalam proses pengiriman ke lokasi," kata Manager Fuel Retail PT Pertamina MOR 8 Papua-Maluku, Zibali Hisbul Masih, saat dihubungi melalui WhatsApp, Kamis (16/11/2017).

Ia menjelaskan meski masih menunggu konfirmasi dioperasikannya BPH Migas dan ESDM, SPBU atau penyalur BBM satu harga tersebut dalam rangka pelayanan BBM satu harga di kawasan 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

“Peresmian SPBU BBM satu harga di Maybrat dan Oksibil, termasuk penambahan sebanyak 19 penyalur BBM satu harga yang tersebar di wilayah kerja Pertamina MOR 8 di tahun 2017," ungkapnya.

Ia menambahkan SPBU merupakan salah satu titik lembaga penyalur dalam program BBM satu harga yang dicanangkan pemerintah untuk mengupayakan pemerataan biaya di seluruh Indonesia. 

“Ujicoba operasi ini akan berlangsung hingga peresmian dengan 20 KL terlebih dahulu,” ujarnya. 

Menurut dia, upaya Pertamina merealisasikan BBM satu harga di beberapa wilayah sejalan dengan Permen ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) secara Nasional. Peraturan ini diberlakukan sejak 1 Januari 2017.

“Dan akan menyusul lagi 4 lokasi yang akan diresmikan SPBU BBM satu harga seperti Supiori, Waropen, Inawata, dan Boven Digoel di bulan Desember,” tegasnya.

Manager External Communication PT Pertamina, Arya Dwi Paramita, mengatakan penerapan BBM satu harga dalam rangka pemerataan dan asas keadilan. Bertujuan mengurangi ketimpangan antardaerah. Pemerintah secara bertahap menargetkan program BBM satu harga diterapkan di 150 titik mulai tahun 2017 hingga 2019.

Rinciannya, tahun 2017 ditargetkan 54 titik wilayah dengan infrastruktur darat dan laut cukup baik. Tahun 2018 ditargetkan 50 titik di wilayah dengan infrastruktur darat dan laut terbatas. Tahun 2019 ditargetkan sebanyak 46 titik di wilayah dengan infrastruktur darat dan laut cukup sulit.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) secara nasional. Serta diperkuat Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Nomor 09.K/10/DJM.O/2017 yang mengatur pendistribusian BBM satu harga secara bertahap dari tahun 2017-2020.

"Dari target 54 titik wilayah dengan infrastruktur darat dan laut cukup baik, hingga awal November ini telah dioperasikan di 27 titik lembaga penyalur. Sebanyak 27 titik sisanya akan diselesaikan sampai akhir tahun 2017," jelas Arya, dikutip dari merdeka.com. (*) 

loading...

Sebelumnya

BI: Keamanan Freeport tak berdampak perekonomian Papua 

Selanjutnya

High season, jasa kargo banjir orderan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe