Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. ORI Papua segera memeriksa pelaku Pungli di Kemekumham
  • Kamis, 16 November 2017 — 13:10
  • 480x views

ORI Papua segera memeriksa pelaku Pungli di Kemekumham

"Kami juga sudah menyita alat bukti berupa kuitansi dimana dalam kuitansi tersebut tertera nominal Rp 25 juta," kata Kepala Ombusdman Republik Indonesia (ORI) Papua, Sabar Iwanggin
Petugas Kemenkumham Papua saat pemeriksaan pihak Saber Pungli dari lembaganya - Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Kepala Ombusdman Republik Indonesia (ORI) Papua, Sabar Iwanggin memastikan segera memeriksa pelaku Pungutan Liar (Pungli)  penerimaan CPNS di lingkup Kanwil Kemenkumham Papua, berinisial SS. Pemeriksaan bertahap setelah Ombudsman memeriksa pelapor Pungli.

"Tadi kami sudah memeriksa ibu yang menyerahkan uang kepada SS, kami juga sudah menyita alat bukti berupa kuitansi dimana dalam kuitansi tersebut tertera nominal Rp. 25 juta," kata Iwanggin kepada Jubi, Kamis (16/11/2017).

Bukti kuitansi tersebut cukup kuat untuk menjerat SS ke proses hukum, karena dengan perlakukan tersebut SS sudah melakukan tindak pidana yang seharusnya mendapatkan ganjaran yang setimpal dari perbuatannya.

"Waktu pihak Saber Pungli Kemenkumham Papua memeriksa SS, dirinya membantah telah mengambil uang sebesar Rp 25 juta. Namun setelah kami telusuri, saksi telah memberikan uang tersebut,” kata Iwanggin menjelaskan.

Saat ini Ombudsman masih menunggu kinerja dari tim Saber Pungli Kemenkumham Papua, jika tidak ada kejelasan atau ada indikasi ditutupi, Ombudsman akan melaporkan ke Polda Papua.

Ia berharap tim Saber Pungli Kemenkumham Papua bekerja secara profesional. Sehingga  SS itu mendapatkan sanksi administrasi dari kantornya dan hukuman pidana karena dengan jelas melakukan Pungli.

"Ini suatu kejahatan yang kalau mau dilihat hampir sama dengan tindak pidana Korupsi. Orang-orang begitu harus dihukum setimpal dengan perbuatan mereka," katanya.

Kepala Kemenkumham Papua, Abner Banosro pun mengakui ada bawahannya melakukan Pungli saat penerimaan CPNS. Ia berjanji  akan menindak tegas sesuai dengan keputusan dari pihak Kemenkumham RI. (*)

loading...

Sebelumnya

Komisi V akan bertemu PTFI bahas PON Papua

Selanjutnya

Kemenkumham beri sanksi administrasi ke aparat pelaku Pungli

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe