Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. DPRD Merauke kembali soroti pemanfaatan dana desa
  • Kamis, 16 November 2017 — 16:54
  • 714x views

DPRD Merauke kembali soroti pemanfaatan dana desa

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Moses Kaibu, kembali menyoroti pemanfaatan dana desa di kampung-kampung. Karena penggunaan yang tidak tepat sasaran dan lebih banyak tak ada keterbukaan dari kepala kampung.
Masyarakat di kampung Wambi, distrik Okaba, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Merauke, Jubi – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Moses Kaibu, kembali menyoroti pemanfaatan dana desa di kampung-kampung. Karena penggunaan yang tidak tepat sasaran dan lebih banyak tak ada keterbukaan dari kepala kampung.

“Saya tidak mengerti dengan tugas dan tanggung-jawab dari Badan Pemerintahan Kampung dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Merauke. Kenapa sehingga tak menanggapi dengan serius pengaduan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan dana desa,” ungkap Moses, kepada Jubi, Kamis (16/11/2017).

Dikatakan, saat melakukan reses di sejumlah kampung di distrik Kimaam dan Okaba, masyarakat mengeluh lantaran penggunaan dana desa tidak tepat sasaran. Kepala kampung dengan kroni-kroninya mengatur dana sendiri.

“Memang fakta di lapangan seperti demikian. Karena tak ada kegiatan pembangunan menonjol. Padahal, setiap kampung mendapatkan dana hingga miliaran rupiah,” ujarnya.

Semestinya, lanjut Moses, pemerintahan sekarang belajar dari model penggunaan dana melalui program Gerbangku yang digagas mantan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka.

“Dimana, dana Gerbangku dalam masa kepemimpinan Romanus, dimanfaatkan dengan baik untuk berbagai kegiatan pembangunan maupun pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Jika itu diterapkan dalam pemanfaatan dana desa, dipastikan masyarakat  di kampung-kampung sudah maju,” katanya.

Kepala Kampung Ngguti Bob, Rosidin, mengaku dalam tiga tahun terakhir, sudah 26 rumah warga dibangun menggunakan dana desa serta beberapa kegiatan pembangunan lain, termasuk pemberdayaan terhadap ekonomi kerakyatan.

“Target saya adalah membangun 165 unit rumah. Karena umumnya kondisi perumahan masyarakat di kampung Ngguti Bob, tidak layak dihuni lagi,” tuturnya. (*)

loading...

Sebelumnya

KPU Merauke temukan ASN dan TNI-Polri jadi pengurus parpol

Selanjutnya

Kontraktor OAP disarankan kerjakan sendiri pekerjaan yang didapat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe