Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Separuh penduduk Jayawijaya tak punya jamban sehat
  • Kamis, 16 November 2017 — 19:34
  • 816x views

Separuh penduduk Jayawijaya tak punya jamban sehat

Jamban sehat merupakan satu kebutuhan dalam keluarga guna mewujudkan pola hidup sehat, sehingga harus dimiliki oleh masayarakat.
Salah satu program sanitasi atau jamban sehat oleh WVI cluster Wamena dan pemkab Jayawijaya-Jubi/Ist
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi –Separuh dari jumlah penduduk yang mendiami 40 distrik dan 328 kampung di Kabupaten Jayawijaya, masih membuang hajat tidak pada tempatnya. Kondisi itu membutktikan masih banyak penduduk Jayawijaya yang belum memiliki jamban sehat.

"Kalau bicara di perkotaan jamban sehat di kalangan masyarakat sudah cukup memadai, hanya di pinggiran kota masih banyak yang belum punya jamban sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, Willy E. Mambieuw, kepada wartawan di Wamena, Kamis (16/11/2017).

Kondisi itu, menurut Willy disebabkan masyarakat di perkotaan lebih mudah mengakses berbagai informasi, sehingga dapat memahami penggunaan jamban sehat. Dinas kesehatan akan mengecek ke distrik  untuk memastikan berapa jumlah keluarga yang sudah menggunakan jamban sehat.

"Sedangkan sosialisasi tentang penggunaan jamban sehat sudah  kami lakukan, misalnya di Wolo dan Bolakme,” kata Willy menambahkan.

Menurut Willy kebetulan ada tim nusantara sehat sehingga memabntu mendorong mereka membuat rencana kegiatan anggaran (RKA) termasuk membangun jamban  yang digabung dengan rencana kegiatan yang Puskesmas.

Menurut dia, jamban sehat merupakan satu kebutuhan dalam keluarga guna mewujudkan pola hidup sehat, sehingga harus dimiliki oleh masayarakat. Sedangkan minimnya pendataan jamban dan sosialisasi  karena tidak semua Puskesmas punya petugas kesehatan keliling.

Asisten I Sekda Jayawijaya Tinggal Wusono, mengakui Jayawijaya satu kabupaten di Papua yang belum melakukan pengembangan sanitasi, khususnya untuk desa tertentu.

“Harapan saya dengan modal pengembangan sanitasi di sekolah ini, nanti jadi pemicu pengembangan sanitasi di masyarakat,” kata Wusono.

Sanitasi di Jayawijaya memang masih jauh dari harapan, hal itu dibuktikan dengan  peta yang dimiliki Pemkab Jayawijaya tentang sanitasi. (*)

loading...

Sebelumnya

Jayawijaya ajukan pembangunan rumah pegawai

Selanjutnya

Sambut Natal, Gereja Kingmi Papua Jemaat Imanuel Dekai gelar lomba

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe