Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Meepago
  3. Gudang di pelabuhan pengapalan konsentrat PTFI terbakar
  • Kamis, 16 November 2017 — 22:03
  • 2019x views

Gudang di pelabuhan pengapalan konsentrat PTFI terbakar

Belum ada keterangan resmi dari pihak PTFI mengenai penyebab kebakaran itu. Peristiwa kebakaran ini disampaikan oleh beberapa pekerja PTFI di Portsite.
Kebakaran di gudang pengapalan konsentrat PTFI - IST
Agus Pabika
Editor : Kyoshi Rasiey

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Pelabuhan pengeringan konsentrat PT. Freeport Indonesia (PTFI) di Timika yang berlokasi di Pelabuhan Amamapare, Portsite terbakar sekitar pukul 19.09 waktu setempat.

Belum ada keterangan resmi dari pihak PTFI mengenai penyebab kebakaran itu. Peristiwa kebakaran ini disampaikan oleh beberapa pekerja PTFI di Portsite.

Namun kebakaran ini disebutkan terjadi di gudang 2, tepatnya pada posisi konveyor (ban berjalan+ 8DC/8010 Raport Taflon. Pihak kepolisian, melalui Kabid Humas Polda Papua, Kombespol Ahmad Kamal mengatakan kebakaran tersebut dilaporkan oleh PTFI pada pukul 18.25 waktu setempat. Kebakaran itu bisa dipadamkan pada pukul 18.50 oleh tim ERG PTFI.

Portsite merupakan bagian yang sangat penting dari kegiatan PTFI sebagai sarana menerima bahan-bahan dan perlengkapan yang diperlukan serta mengirimkan konsentrat PTFI dengan kapal. Sebagai proses akhir, konsentrat dari gudang dimuat ke kapal dengan menggunakan konveyor. Kapal konsentrat dimuat sebagian pada dermaga 'concentrate jetty' dan selanjutnya kapal berlabuh di Sea Buoy A (lepas pantai) untuk menyelesaikan sisa pemuatan dengan menggunakan kapal tongkang. Penggunaan tongkang diperlukan karena kedalaman air yang tidak memungkinkan kapal angkut untuk pemuatan penuh secara langsung. Setiap tahun kami mengapalkan konsentrat lebih dari 100 kapal.

Akibat kebakaran ini, kemungkinan besar proses pengiriman konsentrat akan terhambat dikarenakan terbakarnya konveyor yang biasanya menghubungkan pabrik dengan kapal pengangkut konsentrat. Pelabuhan ini juga menjadi satu-satunya tempat pengapalan konsentrat mineral yang ditambang PTFI.

Juru Bicara PTFI, Riza Pratama yang dihubungi Jubi melalui telepon dan pesan singkat belum memberikan keterangan hingga berita ini diterbitkan. (*)

loading...

Sebelumnya

KPUD Paniai jamin tak ada titipan perekrutan PPD dan PPS

Selanjutnya

Freeport akan laporkan kebakaran gudang pada Kementerian ESDM

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Jumat, 18 Mei 2018 WP | 2943x views
Domberai |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 2625x views
Koran Jubi |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 1531x views
Koran Jubi |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 1323x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe