Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Sejumlah daerah ini diminta genjot produksi beras
  • Jumat, 17 November 2017 — 15:32
  • 2190x views

Sejumlah daerah ini diminta genjot produksi beras

Sejumlah daerah itu diharapkan menjadi lumbung padi seperti Kabupaten Merauke.
Proses penggilingan padi di Koya - Jubi/Dok
Alexander Loen
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua meminta Kabupaten Nabire, Jayapura, Keerom dan daerah lain penghasil padi menggenjot produksi beras. Sejumlah daerah itu diharapkan menjadi lumbung padi seperti Kabupaten Merauke.

"Perlu ada meningkatkan bagaimana pola tanam dan pola yang lainnya yang berkaitan dengan penanaman padi," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Sekda Papua, Elia Loupatty kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Elia menyebutkan kabupaten Merauke sudah mulai memenuhi kebutuhan beras, seharusnya diikuti wilayah lain seperti Jayapura, Nabire yang sudah mulai ada peningkatan. “Jika semua daerah memperluas pola tanam, tentu ke depan Papua tidak perlu mendatangkan beras dari luar Papua,” kata Elia menambahkan.

Ia menyarankan produkstivitas beras perlu diimbangi dengan pengelolaan lahan yang baik untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Dorongan yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, yang meminta Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura di wilayahnya terus meningkatkan produksi agar mengurangi ketergantungan dari daerah lain.

"Saya inginkan komitmen dan kerja keras kita semua baik di provinsi maupun kabupaten dan kota,” kata Hery.

Menurut dia, dorongan produksi pangan yang digenjot tak hanya beras, tapi komoditas strategis nasional seperti lain sperti, jagung, kedelai, cabai dan bawang. “Agar secara bertahap mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Papua," kata Hery menambahkan.

Ia mendorong  agar satuan kerja perangkat kerja daerah yang menangani langsung tanaman pangan bisa menyiapkan bahan makanan untuk masyarakat Papua. "Dengan kebijakan menetapkan Merauke sebagai lumbung pangan khususnya beras, diharapkan bisa menjadi distributor beras bagi Papua," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Guru kesenian Papua diajak mendalami tari Yosim Pancar

Selanjutnya

Pemegang kartu nelayan dijamin bisa cairkan klaim asuransi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe