Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Kesiapan Papua tuan rumah PON 2020 dipaparkan pada rapat KONI se Sematera
  • Selasa, 21 November 2017 — 02:24
  • 971x views

Kesiapan Papua tuan rumah PON 2020 dipaparkan pada rapat KONI se Sematera

Dikatakan, tepat bulan September tahun 2020, Papua akan menggelar event olahraga PON XX 2020, setelah itu, Papua kembali akan menjadi tuan rumah Pekan Paralympic Nasional (Peparnas).
Yunus Wonda dan Yusuf Yambe Yabdi foto bersama pengurus KONI se-Sumatera – Jubi/ist
Jean Bisay
jean@tabloidjubi.com
Editor :

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Ketua harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON), Yunus Wonda memaparkan kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX/2020 di rapat koordinasi KONI se-Sumatera di Le Polania Hotel dan Convention, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (18/11/2017).

Yunus Wonda dalam pemaparannya mengatakan, pemprov Papua bersama PB PON terus menggelar persiapan-persiapan untuk menunjang perta olahraga nasional itu.

“Kita terus berupaya dan kini persiapan secara keseluruhan terus berjalan, dan kedatangan kami ke Medan untuk menyampaikan bahwa Papua sudah siap menjadi tuan rumah PON. Pembangunan sarana infrastruktur sedang dilakukan, sehingga momen rapat Koordinasi Koni se Sumatera ini, kami ingin sampaikan bahwa jangan lagi ada keraguan, PON di Papua pasti terlakasana,” tegasnya dihadapan peserta Rakor Koni se Sumatera.

Dikatakan, tepat bulan September tahun 2020, Papua akan menggelar event olahraga PON XX 2020, setelah itu, Papua kembali akan menjadi tuan rumah Pekan Paralympic Nasional (Peparnas).

Terkait dengan progres pembangunan venue stadion utama Papua Bangkit di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, katanya, sudah hampir 30 persen dan stadion satu-satunya di Indonesia yang memenuhi standar FIFA. Stadion ini akan dilaksanaan pembukaan dan penutupan perhelatan olahraga empat tahun tersebut.

Yunus menyatakan, PB PON Papua kedepan juga akan melakukan sosialiasi kepada KONI se pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. “kita akan road show ke Koni daerah lain, jangan ragu dengan Papua, karena kita sudah siap menyelenggaran PON,” ujar Yunus.

Selain itu, kata Yunus Wonda, belajar dari PON sebelumnya, banyak venue yang mubasir. Dengan demikian, venue PON Papua akan kita hibahkan ke TNI/Polri, Universitas maupun Kabupaten/Kota.

“sejumlah venue PON Tahun kita bangun di areal milik TNI/Polri maupun Universitas, sehingga selesai PON akan kita hibahkan, sehingga tentunya akan lebih bermanfaat nantinya,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Yusuf Yambe Yabdi pemaparan progres terkini kesiapan venue PON yang sudah dibangun dan dalam pelaksanaan di lima wilayah peyelanggara, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Biak, Merauke, Mimika dan Jayawijaya.

Yusuf mengatakan, progres pembangunan stadion utama Papua Bangkit hingga saat ini sudah mendekati 30 persen, dan sesuai kontrak akan selesai bulan Desember 2018 mendatang.

Menurutnya, Pemerintah Pusat pun akan membantu Papua dalam membangun lima venue PON yang dikerjakan tahun 2018.

Kelima venue tersebut adalah aquatik, lapangan hockey Indoor, Istora Papua Bangkit, kriket dan kolam renang. Dengan demikian, masalah pembangunan infrastruktur sudah tuntas.

“Kami berharap seluruh pembangunan venue PON sudah selesai akhir 2018 dan pada 2019 bisa dilakukan uji coba,” harapnya.

Ketua KONI Sumatera Utara, Jhon Ismadi Lubis mewakili KONI di pulau Sumatera sepakat mendukung Papua sebagai tuan rumah PON 2020.

“KONI di Pulau Sumatera akan mendukung penuh Papua, apabila ada kekurangan saat pelaksaan PON nanti kita harus maklumi kekurangan yang dimiliki Papua,” katanya.

Menurutnya, setiap pelaksaan PON pasti selalu ada kekurangan, PON Jawa Barat saja banyak pihak menilai masih amburadul.

“Kita KONI se Sumatera mendukung dan menerima jika dalam pelaksanaan PON di Papua nantinya ada kekurangan disana-sini,” katanya.

Jhon Lubis juga berharap, KONI Papua dapat memberikan dukungan kepada Sumut-Aceh sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. “Pada pertemuan ini, kami minta dukungan dari Papua agar Aceh-Papua bisa menang Bidding (pemilihan) PON 2018,” harapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Dua anak Papua pimpin olahraga Indonesia

Selanjutnya

Taufan Paransa dan Rico Amonopunyo sumbang emas buat Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe