Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Pertikaian di Nduga dinilai hambat kemajuan daerah
  • Selasa, 21 November 2017 — 07:54
  • 815x views

Pertikaian di Nduga dinilai hambat kemajuan daerah

"Ini sudah hari keempat pertikaian antarwarga di Kenyam, ibu kota Nduga. Semua pihak di Nduga harus menahan diri, bersatu menyelesaikan masalah ini. Kabupaten lain semakin maju, tapi kita masih perang terus,” kata Emus kepada Jubi, Senin (20/11/2017).
Ilustrasi bentrok antarwarga di Papua – Jubi.Dok
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Legislator Papua dari daerah pemilihan Nduga, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, dan Jayawijaya, Emus Gwijangge mengingatkan masyarakat Nduga jangan selalu menyelesaikan masalah dengan pertikaian, karena hanya akan menghambat kemajuan di daerah.

Ia mengatakan, hal itu hanya akan menghambat pembangunan di daerah. Kini kabupaten lain di Papua berupaya maju dalam segala bidang. Nduga jangan hanya berkutat pada masalah pertikaian antarwarga.

"Ini sudah hari keempat pertikaian antarwarga di Kenyam, ibu kota Nduga. Semua pihak di Nduga harus menahan diri, bersatu menyelesaikan masalah ini. Kabupaten lain semakin maju, tapi kita masih perang terus,” kata Emus kepada Jubi, Senin (20/11/2017).

Menurut Emus yang juga anak asli Nduga, pemerintah, intelektual, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, harus bersatu mencari solusi masalah ini. Kedua pihak yang bertikai juga harus menahan diri, dan menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan.

“Bupati Nduga kini sakit, tapi kan ada wakil bupati dan pemangku kepentingan lainnya yang harus turun tangan menyelesaikan masalah ini. Pertikaian ini lanjutan beberapa bulan lalu yang berawal dari kasus penikaman di Timika, menyebabkan korban meninggal dunia, dan berimbas ke Nduga,” ujarnya.

Ia meminta Kapolda Papua menginstrusikan jajarannya intens mengamankan kondisi di Kenyam, dan menangkap jika ada aktor di balik pertikaian ini untuk diproses hukum.

“Aktivitas pemerintahan dan masyarakat di Nduga kini tidak berjalan. Pertikaian ini harus segera hentikan. Masyarakat jangan terus menjadi korban,” ucapnya.

Legislator Papua lainnya dari Nduga, Nikius Bugiangge mengatakan, masalah di Nduga ini telah diselesaikan secara adat beberapa waktu lalu. Namun entah mengapa kembali terjadi pertikaian antarwarga.

“Ketika pihak yang tidak tahu masalah berupaya menengahi, justru kena panah sehingga memicu masalah baru. Pemkab Nduga harus segera membuka diri dan menyelesaikan masalah ini supaya masyarakat tidak korban,” kata Nikius kepada Jubi.

Menurutnya, legislator Papua dari daerah Nduga siap membantu pemerintah setempat jika dibutuhkan. Namun hingga kini ia menilai Pemkab Nduga tidak membuka diri, sehingga pihaknya sulit berkoordinasi. (*)

loading...

Sebelumnya

Senator Papua tuding TNI Polri melakukan pembohongan publik

Selanjutnya

Anggota MRP diharap lebih baik dari periode sebelumnya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe