Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Ricuh Lapas Wamena, dua warga binaan kabur
  • Selasa, 21 November 2017 — 17:33
  • 1199x views

Ricuh Lapas Wamena, dua warga binaan kabur

Pelarian dua narapidana berawal usai ibadah di Lapas ada perencanaan pelarian dari sejumlah warga binaan.
Kalapas Wamena, Yusak Bin Sabetu saat menunjukan pintu pagar yang berhasil dijebol dua narapindan yang kabur-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi - Dua orang narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Wamena, Minggu (19/11/2017) sekitar pukul 12.10 WP melarikan diri, setelah sempat terjadi keributan di dalam Lapas. Pelarian dua narapidana berawal usai ibadah di Lapas ada perencanaan pelarian dari sejumlah warga binaan.

“Sejumlah warga binaan ini ingin menjebol pintu di sebelah kanan lapas, namun diketahui petugas setelah melihat aksi mereka di CCTV,” kata Kepala Lapas Kelas IIB Wamena, Yusak Bin Sabetu, kepada wartawan di Lapas Wamena, Senin (20/11/2017).

Ia mengaku telah memerintahkan anggota untuk mengecek, yang ternyata ada beberapa orang sedang membongkar pintu sebelah kanan menggunakan linggis. Petugas telah mencegat, namun mereka justru melakukan aksi pengejaran terhadap sipir yang berjaga saat itu.

“Sehingga petugas kami pun menyelamatkan diri," kata Yusak menambahkan.

Saat kejadian itu hanya dua orang yang bertugas jaga, satu penjaga di antaranya berusaha menenangkan, namun justru petugas itu dikejar dengan linggis sehingga menyelamatkan diri ke ruang jaga utama.

“Setelah berhasil lolos dari kejaran itu, dua warga binaan yang sudah berstatus narapidana langsung kabur menjebol pintu sebelah kiri dan loncat lewat pagar lama di bagian belakang lapas,” kata Yusak menjelaskan.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba saat dikonfirmasi, membenarkan kejadian tersebut. “Saat ini aparat sedang meminta keterangan alamat dari kedua narapidana tersebut untuk pengejaran,” kata yan Pieter.

Pieter menyebutkan, pelarian kedua narapidana itu memanfaatkan keributan yang terjadi dalam lapas, saat sekitar 100 lebih warga binaan mengamuk dan meminta perhatian mengatasi kekurangan fasilitas yang ada dalam lembaga.

Menurut Pieter, Narapidana melarikan diri  itu bukanlah hal yang baru di Lapas Wamena. Ia menilai komunikasi dan pembinaan yang kurang menjadi penyebab para Napi merasa tidak aman menjalani hukuman.

"Yang perlu diperhatikan adalah hak mereka mendapat perlakukan wajar dalam arti fasilitas, ini sudah sering terjadi waktu orang pergi beribadah tahun lalu juga seperti itu," ujar Kapolres. (*)

loading...

Sebelumnya

Terminal transit Oyehe berubah menjadi pasar kumuh

Selanjutnya

RBW bantu buku pelajaran anak di kampung Ayobaibur

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Jumat, 21 September 2018 WP | 6282x views
Koran Jubi |— Senin, 17 September 2018 WP | 5869x views
Pilihan Editor |— Selasa, 25 September 2018 WP | 5151x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe