Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kampung Muaif Demta maksimalkan pemanfaatan dana desa
  • Kamis, 22 November 2017 — 07:55
  • 317x views

Kampung Muaif Demta maksimalkan pemanfaatan dana desa

Dari tiga sumber pendanaan ini pihaknya telah melaksanakan sejumlah kegiatan pembangunan di kampung Muaif yang meliputi pengadaan dua unit speedboat, pembangunan tiga unit rumah dan jalan sepanjang lima kilometer di kampung tersebut. Dana desa juga bantuan biaya operasional dan pengadaan obat-obatan dan honor tenaga medis, bantuan bagi warga lansia, dan bantuan pendidikan.
Kepala Kampung Muaif, Yulius Kekri, sedang mengawasi pembukaan akses jalan dengan menggunakan alat berat yang disewa dengan dana desa - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Kepala kampung Muaif  distrik Demta, Yulius Kekri, mengatakan tahun ini pihaknya tahun melaksanakan sejumlah program berkaitan peruntukkan Anggaran Alokasi Dana Kampung (ADK), Alokasi Dana Desa (ADD), dan dana Prospek Mandiri tahun 2017.

Dijelaskan, dari tiga sumber pendanaan ini pihaknya telah melaksanakan sejumlah kegiatan pembangunan di kampung Muaif yang meliputi pengadaan dua unit speedboat, pembangunan tiga unit rumah dan jalan sepanjang lima kilometer di kampung tersebut.

"Selain pekerjaan fisik, dana desa juga bantuan biaya operasional dan pengadaan obat-obatan dan honor tenaga medis – Rp 500 ribu per bulan, dan bagi kader Posyandu. Ada bantuan bagi warga lansia sebanyak tujuh orang dengan bantuan Rp 2 juta per tahun. Bidang pendidikan, kami bantu buku bacaan dan toga kelulusan untuk PAUD. Sementara untuk siswa SD bantuan beasiswa Rp 300 ribu per anak dan siswa SMP-SMA, kami menyelesaikan semua tunggakan uang sekolah mereka, baik yang sekolah di Demta maupun diluar," ujar Yulius, saat ditemui di muara kali kampung Muaif, Rabu (22/11/2017).

Untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat di kampung Muaif, pihaknya merangkul pihak ketiga membuka akses jalan sepanjang lima kilometer dari muara kali kecil yang menghubungkan kampung Tarfia dan kampung Muaif.

"Akses jalan yang pernah dibangun Bupati Yan Pieter Karafir sebagai jalan produksi bagi kampung-kampung di sepanjang pesisir pantai ini sudah lama tidak digunakan. Kami membukanya kembali sebagai akses jalan bagi masyarakat di kampung. Dengan memanfaatkan alokasi dana desa sebesar Rp 70 juta untuk menyewa alat berat, kami kerjakan pembukaan akses jalan ini. Sebab kalau tidak demikian sangat sulit bagi masyarakat kampung untuk berkembang dalam semua aktivitas, baik pembangunan, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan," jelasnya.

Dampak dari pembukaan akses jalan ini akhirnya masyarakat sudah mulai memanfaatkan akses jalan tersebut, walaupun proses pekerjaannya masih berlangsung.

Agustinus, warga kampung Muaif yang melintasi jalan tersebut mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah kampung yang telah membuka akses jalan ini sehingga dipastikan ke depan aktivitas masyarakat akan lebih lancar.

"Selama ini kalau mau ke kota harus menggunakan jalur sungai ataupun laut. Tetapi itu dalam kondisi yang memungkinkan ketika tidak musim gelombang. Sekarang akses jalan sudah terbuka maka kami hanya memanfaatkan jalur sungai untuk menyeberang ke akses jalan ini," ungkapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

PAUD Baith-EL kampung Ambora butuh renovasi ruang belajar 

Selanjutnya

Pengelola pasar Doyo Baru janji utamakan pedagang lokal Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe