Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pengelola pasar Doyo Baru janji utamakan pedagang lokal Papua
  • Kamis, 23 November 2017 — 21:54
  • 384x views

Pengelola pasar Doyo Baru janji utamakan pedagang lokal Papua

Setelah pemindahan para pedagang di ‘pasar kaget’ depan Polres Jayapura beberapa waktu lalu ke pasar Rakyat Doyo Baru. aktivitas jual beli di pasar tersebut mulai terlihat ramai layaknya pasar besar.
Mama pedagang Papua yang mulai sibuk mencari tempat menjajakan barang dagangannya yang sementara diatur oleh petugas pasar - Jubi/Engel Wally   
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Setelah pemindahan para pedagang di ‘pasar kaget’ depan Polres Jayapura beberapa waktu lalu ke pasar Rakyat Doyo Baru. aktivitas jual beli di pasar tersebut mulai terlihat ramai layaknya pasar besar.

Kehadiran para pedagang, lokal Papua dan non Papua, mulai mengisi setiap los dan kios serta lapak yang tersedia. Pengelola pasar rakyat Doyo Baru, Orthys Kreutha, berjanji akan memperhatikan dan mengutamakan para pedagang lokal Papua untuk berjualan di pasar yang diresmikan Presiden Joko Widodo tahun 2016 silam.

"Kita punya mama-mama Papua yang berjualan di pasar ini dikategorikan sebagai pedagang musiman. Ketika ada barang dagangan yang merupakan hasil kebun, baru mereka datang. Untuk itu kami harus selalu siap menyediakan tempat bagi mereka," ujar Orthys Kreutha, saat ditemui di pasar Doyo Baru, Kamis (23/11/2017).

Dijelaskan dari ratusan pedagang yang berjualan saat ini, 60 persen adalah pedagang lokal dari tujuh kampung di distrik Waibhu. Sisanya pedagang non Papua yang kebanyakan menempati kios di pasar tersebut.

"Pedagang lokal lebih banyak berjualan bahan natura seperti sayur mayur, ikan, daging, dan ubi-ubian segar. Sementara los dan kios menjual bahan jadi. Mereka adalah saudara-saudara kita dari Nusantara yang saat ini sudah balik dari Surabaya untuk membelanjakan barang-barang kios mereka," jelasnya.

Supartini, pedagang barang kelontongan di pasar rakyat Doyo Baru, mengatakan tidak mempersoalkan jumlah pedagang. Baginya yang terpenting adalah tempat untuk berjulan tetap aman dan tersedia.

"Ini kan pasar yang baru aktif. Lama-lama pasti banyak pedagang yang berjualan disini. Karena ada banyak sekali perumahan dan kompleks tempat tinggal yang terus dibangun oleh pemerintah. Pastinya pasar ini akan menjadi besar," ungkapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Kampung Muaif Demta maksimalkan pemanfaatan dana desa

Selanjutnya

Pembangunan jembatan muara kali Muaif sudah 50 persen

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe