Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. BPKLN dorong pelaku usaha perluas binsis lintas di perbatasan
  • Jumat, 24 November 2017 — 01:01
  • 1058x views

BPKLN dorong pelaku usaha perluas binsis lintas di perbatasan

Dorongan itu terkait kawasan perbatasan Skouw sedang dibangun kawasan ekonomi yang akan menjadi peluang emas investasi bagi kedua negara.
Suasana Border Trade Fair RI-PNG - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Provinsi Papua mendorong pelaku usaha di dua negara, yakni Indonesia-Papua Nugini perluas kerjasama lewat pameran bertajuk Border Trade Fair RI-PNG. Dorongan itu terkait kawasan perbatasan Skouw sedang dibangun kawasan ekonomi yang akan menjadi peluang emas investasi bagi kedua negara.

"Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, kami sebelumnya tidak menargetkan akan sebesar ini tapi kenyataannya lebih jauh dari apa yang direncanakan,” kata Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai  kepada wartawan di sela-sela pameran,, Kamis (23/11/2017).

Menurut Suzana, pameran dihadiri beberapa provinsi di PNG, diantaranya Lei, Wesepik, dan Isepik. Sedangkan provinsi lainnya akan bergabung di hari kedua karena harus menggunakan speed boat.  

“Kepesertaan pameran menunjukan  antusias para pelaku usaha cukup tiggi, baik dari Papua Nugini (PNG) maupun Indonesia," kata Suzana, menambahkan.

Ia berharap melalui kegiatan ini, ke depan lebih meningkatkan kerja sama antar Indonesia-PNG. Disamping itu, pemerintah juga sudah membangun infrastruktur terutama di wilayah utara. Tercatat

Perbatasan Skouw dinilai sangat luar biasa, tapi pintu perdagangan belum dibuka secara baik. “Jadi inilah tujuan digelarnya kegiatan ini dengan mengundang sektor swasta untuk saling mempromosikan produk masing-masing," katanya.

Menurut  dia hampir ada 40 asosiasi, baik dari Sarmi, Keerom, Puncak Jaya, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan lainnya sudah hadir. Sedangkan  keterlibatan sektor swasta seperti Toyota dan distributor produk makanan karena memang kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat PNG semua ada di Papua.

"Ini saatnya memberi tahu saudara-saudara kita di PNG, kebutuhan yang mereka cari semua ada di Papua," kata Suzana menjelaskan.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menyambut baik kegiatan Border Trade Fair, yang tentu memberikan gambaran sudah saatnya Papua bisa menjalin kerjasama dengan provinsi-provinsi yang berada di PNG.

"Ada istilah tetangga dekat lebih baik dari saudara jauh, artinya kegiatan ini jangan hanya formalitas tetapi kedepan harus lebih baik, penting bagi kita untuk bekerjasama dengan saudara-saudara kita dari PNG," kata Klemen. (*)

loading...

Sebelumnya

Prestasi Papua di PON Jabar tak bisa di banggakan

Selanjutnya

Pengelolaan Dandes disinyalir banyak penyimpangan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe