Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. Kudeta buat Mugabe dan jaminan gaji seumur hidup
  • Minggu, 26 November 2017 — 15:32
  • 933x views

Kudeta buat Mugabe dan jaminan gaji seumur hidup

Dia dan istrinya Grace akan menerima uang sebesar 7.5 juta poundsterling atau setara Rp 135 miliar serta kekebalan hukum dan gaji seumur hidup selepas dia menyerahkan jabatannya.
Robert Mugabe. Reuters/Jubi
Editor : Syam Terrajana

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Zimbabwe, Jubi - Pengadilan Tinggi Zimbabwe memutuskan bahwa tindakan militer mengambil alih kekuasaan yang berujung pada pemakzulan Robert Mugabe adalah sah. Keputusan itu memicu kekhawatiran soal independensi yudisial di bawah pemerintahan baru.

Panglima Militer Zimbabwe Jenderal Constantino Chiwenga mengerahkan tentaranya di jalan-jalan utama Ibu Kota Harare, dan menempatkan mantan Presiden Robert Mugabe, 93 tahun sebagai tahanan rumah sebelum mundur pada Selasa (21/11/2017).

Sebagian besar rakyat Zimbabwe merayakan berakhirnya kekuasaan Mugabe yang telah berlangsung selama 37 tahun terakhir. Namun, mereka juga khawatir pemerintahan baru di bawah Presiden Emmerson Mnangagwa akan menjadi rezim otoriter.

"Tindakan Angkatan Bersenjata Zimbabwe untuk menghentikan perebutan kekuasaan oleh orang-orang yang dekat dengan mantan Presiden Robert Mugabe adalah konstitusional," kata Mahkamah Zimbabwe, seperti dilansir media pemerintah Zimbabwe, ZBC, Sabtu (25/11/2017).

Merujuk istri Mugabe, Grace dan para pendukungnya, Mahkamah menyebut pengambilalihan yang dilakukan militer adalah untuk mencegah berkuasanya para individu yang tidak terpilih.

Grace dituding telah menempatkan dirinya menjadi pengganti Mugabe, setelah pemecatan Emmerson Mnangagwa sebagai wakil presiden. Grace dilantik pun menggantikan Mnangagwa sebagai wapres Zimbabwe.

Tindakan ini membuat militer geram. Jenderal Chiwenga, yang sebelumnya telah mengancam akan intervensi jika Mnangagwa dipecat pun membuktikan ancamannya. Mereka langsung bertindak dan mengusung Mnangagwa yang akhirnya dilantik, Jumat (24/11/2017).

Dalam pidato pelantikannya Mnangagwa memberikan penghormatan kepada Mugabe, dan menggambarkannya sebagai salah satu 'Pendiri Bangsa'.

Namun kalangan hukum mengkhawatirkan keputusan itu bakal melegalkan intervensi militer terhadap eksekutif. "Pengadilan telah mendorong interpretasi militer bahwa dibolehkan dan sah untuk mengintervensi eksekutif," kata pakar hukum Zimbabwe, Alex Magaisa seperti dilansir AFP.

"Ini preseden yang berbahaya dan menempatkan pemerintah pada risiko oleh kekuatan militer," kata Magaisa.

Selain mengesahkan pengambilalihan kekuasaan oleh militer, Mahkamah juga menyebut bahwa pemecatan Mnangagwa sebagai wakil presiden adalah ilegal.

Aktivis hak asasi manusia (HAM) Human Rights Watch pun mempertanyakan independensi pengadilan. "Dua keputusan yang luar biasa," kata Direktur HRW di Afrika, Dewa Mavhinga lewat akun Twitter-nya. Mavhinga mengatakan keputusan itu aneh dan mempertanyakan keputusan Mahkamah.

Hingga kini, Presiden baru Zimbabwe, Mnangagwa adalah rekan terdekat Mugabe. Dia dilantik di Stadion Olahraga Nasional di pinggiran Ibu Kota Harare disaksikan puluhan ribu para pendukung, pejabat dan diplomat negara-negara sahabat.

Tentara Zimbabwe memperingatkan bahwa para penjahat meniru tentara selama kerusuhan politik untuk memeras uang dari rakyat. Militer meminta rakyat Zimbabwe untuk tetap patuh pada hukum.

Sementara itu, Mugabe membuat kesepakatan dengan pihak militer sebagai jaminan dirinya mau lengser. Dia dan istrinya Grace akan menerima uang sebesar 7.5 juta poundsterling atau setara Rp 135 miliar serta kekebalan hukum dan gaji seumur hidup selepas dia menyerahkan jabatannya.

Mugabe yang berusia 93 tahun, akhirnya mengundurkan diri setelah 37 tahun berkuasa.

Media setempat melaporkan meskipun berhasil digulingkan oleh pengambilalihan militer, Mugabe akan terus menikmati perlindungan militer penuh sebagai mantan kepala negara dan juga gaji kepresidenannya sebesar Rp 2 miliar per tahun sampai dia meninggal dunia.

"Pemerintah akan memberinya uang tebusan Rp 67 miliar dan kemudian sisanya akan dilunasi dengan mencicil. Mugabe juga akan menikmati jaminan kesehatan penuh serta gaji bulanan. Jika dia meninggal, istrinya akan diberi setengah (gaji) per bulannya," kata sebuah sumber yang tidak disebutkan namanya kepada Zimbabwe Independent yang dilansir laman the Independent, Minggu (26/11).

Sumber mengklaim tak lama setelah Mugabe mengajukan pengunduran dirinya setelah proses pengambilalihan dan pemaksaan terhadapnya, Komandan Garda Kepresidenan, Brigadir Jenderal Anselem Sanyatwe, mengadakan sebuah pertemuan Komando Operasi Gabungan darurat dengan sejumlah perwira.

"Kami diberitahu Presiden telah mengundurkan diri, tapi dia diberi kekebalan penuh. Sanyatwe memberitahu kami bahwa Mugabe akan terus menikmati perlindungan sebagai mantan kepala negara," kata sumber tidak disebutkan namanya.

Selama 37 masa kepemimpinan ,Mugabe, Zimbabwe dibelit kemiskinan, korupsi dan pengangguran yang mencapai 80 persen serta mata uang yang jatuh dan utang yang mencekik.

Penggantinya, Emmerson Mnangagwa yang berusia 75 tahun, sekutu Mugabe dalam partai ZANU-PF yang berkuasa, dilantik dua hari lalu dan rakyat mengharapkan sebuah era baru, meski ada kekhawatiran dia akan melakukan hal sama. (*)

Sumber: CNN Indonesia/Merdeka.com

loading...

#

Sebelumnya

Kim larang warganya berpesta dan bernyanyi

Selanjutnya

Melawan perbudakan kulit hitam bersama Darwin

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 4765x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2780x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2681x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe