Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. UMP Papua akan direvisi menjadi Rp 3 juta
  • Senin, 27 November 2017 — 17:55
  • 627x views

UMP Papua akan direvisi menjadi Rp 3 juta

Revisi dilakukan usai menuai beberapa kali aksi protes dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).
Ratusan buruh saat menyampaikan aspirasi di kantor gubernur Papua - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Upah Minimum Provinsi (UMP) Papua tahun 2018 akan direvisi menjadi Rp 3 juta, dari yang ditetapkan sebelumnya  Rp 2,8 juta. Revisi dilakukan usai menuai beberapa kali aksi protes dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

“Kepala Dinas Tenaga Kerja Papua Yan Piet Rawar telah disepakati, UMP Papua yang semua Rp 2.895.650 menjadi Rp 3 juta,” kata Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Papua, Nurhaida, di Jayapura, Senin (27/11/2017).

Kepastian perubahan UMP itu saat pertemuan yang dihadiri perwakilan buruh, SPSI, Sekda Provinsi Papua Hery Dosinaen dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Papua.

"Sudah ada keputusan dari Pak Sekda untuk merevisi, sehingga diminta kepada Dinas Tenaga Kerja menyiapkan administrasinya dan akan disampaikan kepada bapak Gubernur,” kata Nurhaidah menjelaskan.

Sebelumnya SPSI lewat dewan pengupahan dari perwakilan buruh mengusulkan UMP Rp 3.2 juta, tetapi setelah dirapatkan bersama, diambil jalan tengah pada angka Rp 3 juta. 

Kepastian recana revisi itu diakui memuaskan karena Pemrov Papua telah mengakomodir aspirasi  buruh. "Kami dari SPSI sangat puas dengan keputusan dari Pak Sekda, kami rasa angka tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup buruh di Papua," katanya.

Menurut Nurhaidah, perusahaan di Papua ada yang mampu membayar lebih tinggi dari UMP. Seharusnya pemerintah mempunyai data tentang perusahaan yang mampu dan tidak mampu dalam membayar UMP.

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen berharap kenaikan UMP bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat, terutama pekerja di tanah Papua.

"Saya minta kepada seluruh perusahaan wajib melaksanakan keputusan ini. Kami akan sampaikan ini secara tertulis kepada semua perusahaan," kata Hery. (*)

loading...

Sebelumnya

Rakyat Papua diminta mencintai produk lokal

Selanjutnya

SKPD Papua belum melaporkan surat teguran pegawai

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe