Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Border Trade Fair, peluang kerjasama pengusaha RI-PNG
  • Senin, 27 November 2017 — 21:11
  • 771x views

Border Trade Fair, peluang kerjasama pengusaha RI-PNG

"Intinya adalah kedua belah pihak sangat ingin segera membuka hubungan dagang, seperti pengusaha PNG juga ingin Pelabuhan Jayapura terbuka agar kapal mereka bisa masuk," ujar Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai.
Pertemuan BTF yang diselenggarakan Ardin dan Biro Perbatasan dan Kerjasama Papua yang disponsori Bank Indonesia - Jubi/Sindung
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Guna membicarakan peluang kerjasama perdagangan antarnegara, pengusaha dari provinsi Papua dan Papua Nugini (PNG) menggelar pertemuan bisnis di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura, Jumat (24/11/2017) pekan lalu.

Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai, usai pertemuan bisnis itu menjelaskan pihaknya mencoba memfasilitasi pertemuan tersebut karena keinginan untuk melakukan kerjasama perdagangan sudah lama mencuat.

"Intinya adalah kedua belah pihak sangat ingin segera membuka hubungan dagang, seperti pengusaha PNG juga ingin Pelabuhan Jayapura terbuka agar kapal mereka bisa masuk," ujarnya.

Ia menuturkan dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak telah sepakat meningkatkan komunikasi agar kerj sama yang diinginkan bisa segera terealisasi.

"Dalam pertemuan juga kita sepakat bahwa selama ini kita tidak saling mengenal. Dengan adanya kegiatan ini pihak-pihak pelaku usaha bisa saling mengenal dan melihat produk masing-masing," kata dia.

Suzana menegaskan karena wacana kerjasama perdagangan antarnegara tersebut berkaitan dengan hubungan kedua negara, maka perlu ada pembicaraan antara kedua pemerintah pusat. 

"Perlu ada pembicaraan lagi di lembaga yang lebih tinggi tentunya terkait masalah perizinan dan lain-lain," ujarnya.

Sekretaris Umum Ardin Papua, Jack Kajagi, mengatakan ini usaha pertemuan yang sudah lama sekitar 1990 yang menjadi concern dan keinginan Ardin sehingga Border Trade Fair (BTF) membuka peluang pengusaha mendapatkan mitra dagang.

“Ini merupakan mimpi pengusaha lokal sejak puluhan tahun lalu. Sejak tahun 1990 kami sudah merintis hal ini, tapi baru terwujud tahun 2017. Karena itu kami berharap pelaku usaha bisa mengambil kesempatan bahwa komoditi apa saja yang dibutuhkan warga PNG,” kata Jacky.

Iapun mengungkapkan kendala yang dihadapi sehingga pameran di perbatasan baru terlaksana adalah birokrasi dan dukungan pemerintah terhadap pengusaha di Papua belum ada. 

Menurut Jacky, selama ini kebutuhan warga PNG lebih banyak disuplai dari Australia, Sinagpura, dan Malaysia dengan biaya cukup besar. Sedangkan jarak antara Indonesia dan PNG melalui Provinsi Papua cukup dekat.

“Kenapa tidak ambil kesempatan ini terlebih kurs Indonesia Rp 3.900 untuk satu Kina PNG. Angka kurs ini apabila dikontribusikan ke dalam suatu produk mendapatkan margin yang lumayan,” papar Jacky.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Papua, Adi Purwantoro, memandang pertemuan tersebut sangat baik untuk kepentingan dua negara.

"Tentu akan terbuka simultansi dari efek perdagangan yang dimulai dari para pedagang di pasar perbatsan. Nanti akan ada saling tukar informasi tentang kebutuhan yang dibutuhkan di PNG atau yang bisa ditukar antara kedua belah pihak," ujarnya.

Brigid, dari kementrian perdagangan PNG, mengatakan pihaknya sangat membuka diri kepada seluruh pengusaha Indonesia bisa bekerjasama dalam perdagangan.

“Kami menerima kepada siapapun dan minta agar semua berpeluang dan silakan menghubungi PNG consulat, “ ujarnya (*)

loading...

Sebelumnya

Terkendala transaksi tradisional, penukaran uang di perbatasan tak maksimal

Selanjutnya

Pengusaha adat Papua apresiasi Pergub ekonomi kerakyatan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe