Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pengurus Dewan Adat Byak Sup Mun Tabi terbentuk 
  • Selasa, 28 November 2017 — 10:15
  • 509x views

Pengurus Dewan Adat Byak Sup Mun Tabi terbentuk 

Selama dua hari, 24-25 November, bertempat di gedung serbaguna Puspenka Sentani, warga masyarakat Byak yang tersebar di 19 distrik di kabupaten Jayapura menetapkan badan pengurus Byak Sup Mun Tabi di kabupaten Jayapura melalui mekanisme demokrasi dalam konferensi pertama.
Prosesi adat tarian penjemputan Ketua Dewan Adat Byak bersama rombongan menuju lokasi konferensi - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Selama dua hari, 24-25 November, bertempat di gedung serbaguna Puspenka Sentani, warga masyarakat Byak yang tersebar di 19 distrik di kabupaten Jayapura menetapkan badan pengurus Byak Sup Mun Tabi di kabupaten Jayapura melalui mekanisme demokrasi dalam konferensi pertama.

Konferensi pertama masyarakat Byak di kabupaten Jayapura ini dibuka resmi oleh Ketua Dewan Adat Byak, Piter Yarangga. Hadir di konferensi tersebut sejumlah badan pengurus inti dan ratusan masyarakat Byak di kabupaten Jayapura.

Yan Piet Yarangga dalam sambutannya mengatakan perkumpulan atau kerukunan keluarga Byak yang ada dimana saja termasuk di kabupaten Jayapura disatukan bukan untuk bersenang-senang serta menyenangkan diri pribadi masing-masing. Orang Byak berkumpul untuk bergumul bersama seperti perkumpulan orang Byak dimana-mana.

"Nats dalam Alkitab menyebutkan dimana ada satu dua orang yang berkumpul di situ ada Aku. Perkumpulan yang dibuat hari ini bukan untuk bersenang-senang tetapi orang Byak di seluruh pelosok Papua ini bangkit dan menyantap masa depan yang menjadi rancangan Allah," ujar Yan Piet Yarangga, Sabtu (25/11/2017) pekan lalu.

Dijelaskan, proses pelaksanaan konferensi yang dilaksanakan ini tentu ada banyak hal yang akan dibicarakan didalamnya terkait masa depan masyarakat Byak yang ada di kabupaten Jayapura dan secara umum yang tersebar di seluruh Papua. 

Lanjut Yarangga, untuk memulai sebuah perkumpulan seperti ini tentunya banyak tantangan yang akan dihadapi. Hal ini disebabkan semua sudah berakulturasi dengan kelompok-kelompok masyarakat dari daerah lain yang hidup dan tinggal bersama dalam interaksi sosial kita.

"Ketika kita bersatu untuk menatap masa depan kita melalui semua perencanaan dan pembicaraan dalam proses pembentukan organisasi ini ke depan, maka yang terutama adalah libatkan Tuhan dalam semua aktifitas organisasi ini, karena hanya Dia-lah sumber semua jawaban yang kita cari. Memang nanti ada banyak kendala dan tantangan yang dihadapi baik dari dalam maupun luar. Karena biasanya ada orang yang percaya dengan apa yang kita buat hari ini tetapi ada juga yang tidak percaya. Mereka mau lihat organisasi ini jalan atau tidak, kalau jalan baru mereka mau terlibat. Kendati demikian ada catatan penting yang perlu diingat adalah menjaga eksistensi, jati diri kawasan Byak untuk terus bertahan dan mengangkat satu generasi menuju masa depan yang lebih baik lagi," jelasnya.

Ketua panitia konferensi, Jan Wellem Rumere, mengatakan konferensi sebagai langkah membentuk sebuah wadah berhimpun bagi seluruh masyarakat Byak di kabupaten Jayapura. Selain itu juga untuk mendapat legitimasi hukum dari Pemerintah kabupaten Jayapura.

"Selama ini kita hanya mengatasnamakan kerukunan dan perkumpulan orang Byak di Kabupaten Jayapura. Tetapi secara legitimasi hukum kita belum ada. Oleh sebab itu konferensi pertama ini dibuat untuk membentuk sebuah struktur badan pengurus yang jelas untuk mengakomodir semua masyarakat Byak yang ada di 19 distrik di kabupaten Jayapura. Setelah konferensi dan badan pengurus terbentuk maka langkah selanjutnya kita akan mendaftarkan organisasi ini sebagai organisasi kemasyarakatan kepada Kesbangpol kabupaten Jayapura," ungkapnya. 

Dalam konferensi tersebut terpilih badan pengurus inti  Dewan Adat Byak Sup Mun Tabi / Kabupaten Jayapura periode 2017-2022 adalah Jan Wellem Rumere (Ketua), Yuan Karlos Mayor (Wakil Ketua), Daud Rumaropen (Sekretaris), Joel Rumkabu ( Wakil Sekretris), dan Derek Rumainum (Bendahara). (*) 

loading...

Sebelumnya

Iven budaya harus berdampak peningkatan ekonomi rakyat

Selanjutnya

Sebanyak 141 karyawan Papua lulus pradiklat avsec 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe