Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Kesbangpol Jayawijaya selidiki pengurus Parpol ganda
  • Rabu, 29 November 2017 — 08:24
  • 459x views

Kesbangpol Jayawijaya selidiki pengurus Parpol ganda

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi konflik Pilkada pasca kepemimpinan ganda dalam satu parpol.
Coffee morning KPU Jayawijaya bersama pemerintah Jayawijaya, Polres, Kodim, Kejaksaan dan lainya-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya telah menurunkan tim menyelidiki sejumlah kepengurusan partai politik yang akan menjadi peserta pemilu 2018. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi konflik Pilkada pasca kepemimpinan ganda dalam satu parpol.

"Staf saya diturunkan akan mengecek pimpinan Parpol itu kedudukannya di mana, sekretariatnya di mana, agar jangan ada pemimpin parpol yang ganda terutama menjelang 2019 nanti," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jayawijaya, Tenus Gombo, kepada wartawan usai coffee morning bersama KPU di Baliem Pilamo Hotel.

Tim yang diturunkan berjumlah 15 orang ke setiap pengurus Parpol yang masih ada dualisme kepengurusan. Sedangkan data Parpol sendiri telah didapat di tingkat pusat serta provinsi sebagai acuan menertibkan Parpol di Jayawijaya.

"Tahap awal yang saya lakukan adalah pendataan ulang supaya ingin memperjelas kepengurusan di daerah siapa sebenarnya,” kata Tenus menambahkan.

Menurut dia, langkah itu untuk menghindari dualisme kepemimpinan dan menyebabkan konflik atau muncul hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

Tercatat, komisi pemilihan umum telah mengeluarkan aturan Parpol yang hendak menjadi peserta pemilu 2019 harus mendaftar ke pemerintah Jayawijaya melalui Kesbangpol sebelum ke KPUD.

"Jadi mereka harus daftar ulang, agar kesbangpol tahu. Apakah pengurus lama masih ada, sudah pindah atau sudah meninggal kita harus tahu," katanya.

Komisioner, devisi hukum KPUD Jayawijaya, Welius Wetipo mengakui selama ini belum pernah menggelar pertemuan dengan Kesbangpol untuk mensingkronkan verifikasi Parpol.

Hal itu diakui lembaganya belum dapat mendetiksi Parpol mana saja yang sudah terdaftar dan belum. 'Sehingga sepanjang kami lakukan verifikasi tidak pernah menerima rekomendasi dari Kesbangpol,” kata Welius.

Menurut dia, KPUD Jayawijaya perlu berkoordinasi dan kerja sama dengan Kesbangpol mengkroscek Parpol yang terdaftar. (*)

loading...

Sebelumnya

Hujan es dan angin puting beliung terjadi Jayawijaya

Selanjutnya

Jayawijaya ingatkan publik tidak membuang sampah sembarang

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe