Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Pertemuan ULMWP di Vanuatu bahas resolusi dan struktur baru
  • Rabu, 29 November 2017 — 16:16
  • 6383x views

Pertemuan ULMWP di Vanuatu bahas resolusi dan struktur baru

"Semua negara PICWP berbicara di Majelis Umum PBB dan kemudian membawa West Papua ke Kelompok Negara Karibia dan Pasifik Afrika, ACP ", kata Mote.
Para pemimpin ULMWP menghadiri pertemuan tingkat tinggi di Vanuatu - IST
Victor Mambor
victor_mambor@tabloidjubi.com
Editor :

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Port Vila, Jubi - Perdana Menteri (PM) Vanuatu, Charlot Salwai mendorong delegasi West Papua yang menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi ULMWP (United Liberation Movement for West Papua) selama seminggu di Vanuatu untuk meningkatkan persatuan perjuangan membebaskan West Papua.

"Penjajah, menetap di Melanesia untuk mengeksploitasi sumber daya alam yang melimpah dari pemilik tanah adat," kata PM Salwai saat memberikan sambutan dalam pertemuan ULMWP tersebut, Senin (27/11/2017).

Ia menyebutkan beberapa negara penjajah sangat sulit untuk menyadari bahwa sekarang saatnya untuk menghormati kebutuhan manusia lainnya dan dekolonisasi di abad ke-21.

Dalam sambutannya itu, ia menegaskan Vanuatu mempertahankan dukungan kuat untuk rakyat West Papua. Dukungan itu datang dari rakyat, pemerintah, masyarakat adat hingga gereja.

Saat ini, menurutnya, pesan perjuangan Papua Barat telah melintasi samudra dan benua dan sekarang menyebar ke seluruh dunia.

"Hari ini kita lihat dukungan pada ULMWP telah meningkat menjadi tujuh anggota yang dikenal sebagai Koalisi Kepulauan Pasifik untuk West Papua atau (PICWP)," kata Salwai.

Bagi rakyat di Kepulauan Pasifik iIni adalah tanda positif yang menunjukkan bahwa pengetahuan tentang nasib rakyat West Papua tidak bisa lagi disembunyikan.

Dalam kesempatan yang sama, Octovianus Mote, Sekjen ULMWP mengatakan dengan dukungan dari Pemerintah Vanuatu serta Perdana Menteri (PM) Perdana Menteri dan ketua MSG Manasseh Sogavare pembentukan Koalisi Pulau Pasifik tujuh negara untuk Papua Barat, PICWP berjalan lancar.

"PICWP kemudian mengangkat isu West Papua di luar Melanesia dan bahkan Pasifik, menjadi, pada satu setengah tahun terakhir, sebuah isu global. Semua negara PICWP berbicara di Majelis Umum PBB dan kemudian membawa West Papua ke Kelompok Negara Karibia dan Pasifik Afrika, ACP ", kata Mote.

Lanjutnya, dalam forum itu, ULMWP sekarang memiliki dukungan yang hampir bulat dari negara-negara Karibia dan Afrika.

Pertemuan para pemimpin ULMWP ini dihadiri oleh tiga faksi utama ULMWP yakni West Papua National Coalition or Liberation (WPNCL), Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) dan West Papua National Parliament (WPNP)

"Pertemuan ini akan berlangsung hingga tanggal 30 November 2017. Diikuti semua elemen perjuangan West Papua dari dalam Papua maupun dari luar Papua. Akan dibuat resolusi pada tanggal 1 Desember dan struktur baru ULMWP," kata Andy Ayamiseba, salah satu dewan eksekutif ULMWP. (*)

loading...

Sebelumnya

Pedagang di terminal belum mendapat tempat di pasar Pharaa 

Selanjutnya

HUT kemerdekaan Papua 1 Desember, akan ada pengibaran BK

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe