Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. HUT kemerdekaan Papua 1 Desember, akan ada pengibaran BK
  • Rabu, 29 November 2017 — 17:00
  • 5421x views

HUT kemerdekaan Papua 1 Desember, akan ada pengibaran BK

"Kami ingatkan semua pihak, jangan sampai ada korban jiwa, baik dari masyarakat sipil, TPN/OPM, serta pihak Polri dan TNI," ujarnya.
Ilustrasi peringatan 1 Desember 2014 di Timika dengan ibadah bersama - kabarmapega.com
Arjuna Pademme
Editor : Galuwo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Mantan tahanan politik (tapol) Papua, Yusak Pakage mengatakan, akan ada pengibaran bendera Bintang Kejora (BK) pada peringatan hari kemerdekaan Papua, 1 Desember 2017.

"Beberapa daerah di pedalaman menyatakan akan mengibarkan bendera. Misalnya di wilayah selatan, Kodap IV di daerah Meepago, Kodap III di Mimika, dan wilayah Puncak Jaya. Wilayah Jayapura belum jelas, tapi bisa saja ada BK berkibar," katanya kepada Jubi, Rabu (29/11/2017).

Menurutnya, para eks tahanan politik/narapidana politik (tapol/napol) Papua sendiri belum ada rencana menggelar kegiatan.

"Kami ingatkan semua pihak, jangan sampai ada korban jiwa, baik dari masyarakat sipil, TPN/OPM, serta pihak Polri dan TNI," ujarnya.

Katanya, pemerintah juga jangan menanggapi hal ini berlebihan, namun lebih bijak melihat situasi dan kondisi di Papua. Jangan sampai karena reaksi berlebihan dari pemerintah dan aparat keamanan, sehingga terjadi hal tak diinginkan.

"Beberapa daerah komitmen kibarkan bendera, 1 Desember 2017. Mereka menyatakan hanya mau mengibarkan bendera saja. Tapi kalau diganggu, mereka akan menanggapinya," katanya.

Namun kata Yusak Pakage, ia juga tidak ingin ada kepentingan dibalik aksi itu nantinya, yang dapat mengorbankan orang lain.

"Kalau memang mau kibarkan bendera, harus murni. Kalau ada kepentingan jujur kepada pemerintah Indonesia. Jangan karena kepentingan sehingga kibarkan bendera," ucapnya. 

Pengurus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) juga mengajak publik memperingati, 1 Desember 2017, karena merupakan hari bersejarah bangsa Papua Barat.

"Kami mengajak masyarakat Papua memperingati hari bersejarah, 1 Desember dengan cara dan budaya kami bangsa Papua," kata juru bicara KNPB wilayah Sentani, Wene Siak Bahabol, Selasa (28/11/2017).

Ia berharap, tidak ada pihak yang membatasi peringatan, 1 Desember mendatang. KNPB  wilayah Sentani sendiri akan mengadakan ibadah pada hari itu. (*) 

loading...

Sebelumnya

Polisi telusuri sumber senjata TPNPB di Papua

Selanjutnya

Tokoh-tokoh Papua diharap tak takut bicara soal penutupan Freeport

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksion[email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe