Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. ASN dan TNI - Polri di Yalimo jadi anggota Parpol
  • Kamis, 30 November 2017 — 01:50
  • 5440x views

ASN dan TNI - Polri di Yalimo jadi anggota Parpol

Temuan itu berdasarkan hasil verfikasi sementara partai politik peserta pemilu 2019.
Bimbingan teknis bagi parpol di Yalimo oleh KPU beberapa waktu lalu-Jubi/Dok
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi –Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Yalimo, menemukan sejumlah aparatur sipil nasional dan aparat TNI Polri  menjadi anggota partai politik.  Temuan itu berdasarkan hasil verfikasi sementara partai politik peserta pemilu 2019.

“Ditemukan masih ada pengurus atau anggota partai yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), oknum TNI dan Polri juga masyarakat dari luar Yalimo,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Yalimo, Yanes Alitnoe, di Wamena, Rabu (29/11/2017).

Yanes menyebutkan keberadaan pegawai negeri sipil yang dan anggota aparat masuk Parpol  dilarang oleh undang-undang. Tercatat sudah ada 16 partai politik di Kabupaten Yalimo yang mendaftar ke KPUD. Masing-masing gelombang pertama terdapat 12 Parpol dan gelombang kedua 4 Parpol.

Ke 16 parpol itu sebelumnya telah menyampaikan berkas pendaftaran berupa kartu tanda anggota (KTA) dan kartu tanda penduduk (KTP), namun karena masih banyak data ganda sehingga KPUD merekomendasi mereka memperbaiki.

"Perbaikan administrasi oleh parpol itu dari tanggal 18 November hingga 1 Desember, itu batas akhir. Kalau lewat dari tanggal itu berdasarkan hasil koordinasi, tidak bisa dapat diterima,” kata Yanes menjelaskan.

Selain 12 parpol pendaftar tahap pertama yang sudah mendapat rekomendasi perbaikan dari KPUD, ada empat parpol lainnya yang mendaftar pada tahap ke dua, partai itu juga harus memperbaiki data keanggotaan dalam Parpol.

"Untuk empat partai politik yang masuk gelombang ke dua mereka perbaiki dari tanggal 2 hingga 15 Desember mereka harus sampaikan kepada kami,” katanya.

Empat parpol pendaftar tahap terakhir itu, menurut Yanes , memiliki kemungkinan memiliki anggota yang sama atau ganda dengan 12 parpol pendaftar tahap pertama, sehingga diharapkan mereka terus membangun koordinasi dengan KPUD setempat.

Sebelumnya, sekretaris DPC PKS Yalimo, Simon Walilo mengaku apa yang telah disampaikan KPU Yalimo menjadi perhatian, terutama soal perbaikan-perbaikan.

“PKS Yalimo pada intinya akan berupaya memperbaiki apa yang masih menjadi catatan KPU,” ujar Simon Walilo. (*)

loading...

Sebelumnya

Jembatan Kali Pontoh ambruk, pemerintah Yahukimo diminta tangani serius

Selanjutnya

Hujan es di Jayawijaya siklus 10 tahunan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe