Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Front Persatuan Rakyat Papua tolak Pansus Freeport
  • Kamis, 30 November 2017 — 02:18
  • 1602x views

Front Persatuan Rakyat Papua tolak Pansus Freeport

Lembaga perjuangan rakyat Papua itu menginginkan pembubaran PT Freeport Indonesia yang selama ini menambang kekayaan alam Papua.
Demo FPR di kantor DPR Papua pada 23 November 2017, -Jubi/Mawel
Benny Mawel
frans@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Panitia khusus tentang Freeport yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua pada 23 November 2017 lalu ditolak oleh Front Persatuan Rakyat Papua (FPR).  Lembaga perjuangan rakyat Papua itu menginginkan pembubaran PT Freeport Indonesia yang selama ini menambang kekayaan alam Papua.

“Kami  FPR tidak menuntut dibentuknya Pansus,” kata Kordinator umum, Aksi tutup Freeport Fron Persatuan Rakyat, Samuel Womsiwor, kepada Jubi di Jayapura, Rabu (29/11/2017).

Ia menyebutkan pembentukan pansus itu  hanya klaim DPRP, bukan atas tuntutan masa aksi pada 23 November 2017 lalu. “Tuntuntan FRP jelas penutupan Freeport dan kembalikan kedaulatan rakyat Amungsa,” kata Samuel menjelaskan.

Menurut dia, informasi konflik Freeport dua bulan terakhir telah dipelintir media Indonesia. Media yang tidak idependen itu melegitimasi permainan aparat tentang penyanderan 334 warga.  Dengan kondisi itu, FPR Papua mendesak akses media asing agar mampu memberitakan kejadian  yang benar berimbang.

 “Buka akses media independen dan internasional ke Timika, dan seluruh tanah Papua,” katanya.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda kepada media pekan lalu menyebutkan telah membentuk Pansus Tembagapura  yang dibarengi Pansus pemilihan Gubernur Papua 2018

“Pansus tembagapura akan turun ke kabupaten Mimika. Tim pasus akan mengumpulkan data dan mengakaji semua informasi di wilayah itu,” kata Yunus.

Hasilnya akan dikaji semua, termasuk keadaan dan kondisi di sana. Pansus itu sengaja bentuk juga terkait aspirasi mahasiswa dan pemuda  di FPR. "Tapi kami lebih pada bagaimana menyelamatkan masyarakat Papua di sana. Kita bicara masalah kemanusiaan. Itu tujuan utama kami," ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

STTP belum diterbitkan Polda Papua, SONAMAPPA tetap akan aksi 1 Desember

Selanjutnya

Ini kegiatan KNPB saat memperingatai 1 Desember

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe