Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Percasi dan Disorda Papua siap gelar turnamen “Christmas Chess”
  • Kamis, 30 November 2017 — 08:01
  • 615x views

Percasi dan Disorda Papua siap gelar turnamen “Christmas Chess”

Turnamen adu otak ini rencana berlangsung pada 1-2 Desember 2017 bertempat di Aula Kantor Otonom Kotaraja Jayapura.
Pertandingan catur antar pelajar yang diselenggarakan Disorda – Jubi/dok
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Papua bekerjasama sama dengan Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua siap menggelar turnamen catur junior dan senior bertajuk “Cristmas Chess”.

Turnamen adu otak ini rencana berlangsung pada 1-2 Desember 2017 bertempat di Aula Kantor Otonom Kotaraja Jayapura.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan, turnamen yang akan diselenggarakan bersama Percasi itu,  untuk menyambut bulan Desember yang merupakan bulan sakral buat umat Kristiani karena ada perayaan Natal sekaligus tahun baru.

“Kami ingin membangun semangat olahraga terus bergelora di hati seluruh masyarakat Papua meskipun dalam suasana Natal dan Tahun Baru, karena Papua akan menjadi tuan rumah PON tahun 2020 mendatang,” kata Yusuf Yambe, Rabu (29/1/2017)

Selain itu, lanjutnya Yusuf Yambe, turnamen catur ini sekaligus dijadikan ajang untuk memantau pemain catur berbakat tingkat yunior untuk kemudian direkrut menjadi atlet Papua pada PON mendatang.

“Semua cabang olahraga sedang memantau atau mencari atlet termasuk catur, jadi diharapkan melalui turnamen ini, bisa terpantau pemain berbakat lebih khusus yang yunior, untuk kemudian persiapkan menjadi atlet PON Papua,”ujarnya.

Turnamen ini, kata Yusuf Yambe, memperebutkan tropi piala dan hadiah uang puluhan juta rupiah. “Ada hadiah uang dan piala untuk para juara,”terangnya.

Sekretaris Umum Pengprov Percasi Papua, Banjir Ambarita sangat mengapresiasi Disorda Papua dalam penyelenggaraan turnamen Christmas Chess pada akhir tahun.

 “Ini bukti perhatian Disorda terutama Yusuf Yambe Yabdi terhadap perkembangan olahraga catur di Papua,” akunya.

Turnamen Christmas Chess akan dijadikan ajang mencari pemain berbakat tingkat Yunior, untuk kemudian direkrut dan dipersiapkan menjadi atlet catur Papua pada PON 2020.

“Program kami memang ingin melahirkan pemain-pemain berbakat tingkat yunior, yang kemudian akan dibina menjadi pemain handal yang bisa berbicara ditingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Pria yang juga jurnalis ini menambahkan pemain catur tangguh dan hebat ditingkat nasional maupun internasional adalah mereka yang berusia belasan tahun.

“Era kini sudah jauh berubah, sekarang jago-jago  catur nasional maupun dunia, adalah mereka yang masih berusia muda, energik, kreatif dan penuh inovasi dalam bermain,”terangnya.

Tak hanya itu, kata Ambarita pemain berbakat yang lahir dari turnamen Christmas Chess nantinya juga akan menjalani persiapan di sekolah catur Utut Adianto, yang dalam waktu dekat akan dibuka di Jayapura.

“Kami akan buka Sekolah Catur Utut Adianto dalam waktu dekat, selain akan mendidik pemain Yunior yang akan direkrut dari hasil turnamen ini, juga akan menerima siswa-siswa muda untuk didik menjadi pemain handal,”ungkapnya.

Turnamen Christmas Chess mempertandingkan catur tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekilah Menengah Atas (SMA) dan tingkat senior atau umum. (*)

loading...

Sebelumnya

Pengurus KONI baru, "jangan pilih kucing dalam karung"

Selanjutnya

PAIFORI dukung KONI Papua siapkan atlet PON 2020

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe