Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Ini sejumlah penyakit yang mengancam generasi muda Papua
  • Senin, 04 Desember 2017 — 10:59
  • 674x views

Ini sejumlah penyakit yang mengancam generasi muda Papua

Penyakit itu mudah menyebar di daerah tropis seperti di Papua yang diketahui sebagai daerah endemik.
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Uncen ketika menggelar seminar kesehatan bertajuk penyakit tropis di Indonesia khususnya Papua - (Doc/Jubi)
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Dokter Rumah Sakit Umum Daerah Dock Dua, Gracia Dengbo, mengingatkan sejumlah penyakit di Papua mengancam kaum muda setempat. Penyakit itu mudah menyebar di daerah tropis seperti di Papua yang diketahui sebagai daerah endemik.

“Saya harap generasi muda Papua menjaga diri dari ancaman penyakit tropis khususnya penyakit HIV AIDS,” kata Gracia Dengbo, belum lama ini.

Meski begitu ia mengingatkan generasi muda Papua tak perlu takut memeriksa kan diri agar mengetahui apakah ada virus yang masuk ke tubuh. "Jika ada yang sudah terkena jangan takut dan malu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, agar diberikan obat ARV, " kata Gracia, menambahkan.

Ia mejelaskan jika HIV berada di stadium satu, maka kekebalan tubuhnya stabil seperti orang sehat atau orang yang tidak terkena penyakit HIV. Namun ia mengingatkan virus HIV  berkembang. Untuk mencegah,  Grace berpesan agar generasi muda Papua mencegah penularan dengan cara melakukan hubungan seks yang sehat.

“Apabila hendak melakukan seks yang aman dengan suami atau istri saja tidak boleh sembarangan. Jika belum punya suami atau istri harus tahan diri," kata Grace menjelaskan.

Ancaman lain penyakit di Papua diabetes atau sering disebut kencing manis, meski penyakit itu tak menular, namun Grace menyebut diabetes sangat berbahaya bagi penderita. Di luar itu Grace menyebut ada penyakit lain yang mudah mengancam kaum muda di  Papua yaitu sipilis atau kencng nanah.

Saat ini ia terus menggelar sosialisasi melalui berbagai macam media, termasuk menggelar seminar untuk membangun kensadaran bagi generasi muda Papua.  “Agar mereka dapat saling mengingatkan satu dengan yang lainnya,” katanya.

Staf dinas kesehatan Provinsi Papua, Yamamoto Saserai, mengatakan Pemerintah Provinsi Papua telah gelontorkan dana hingga 80 persen di kabupaten dan kota untuk penanganan kesehatan daerah.

“Untuk itu kondisi kesehatan saat ini harusnya lebih baik dari sebelumnya,” kata Yamamoto .

Sedangkan upaya pencegahan  HIV dilakukan sosialisasi sebagai upaya agar publik menghindari bahaya HIV/AIDS  terutama bagi generasi muda Papua.

Menurut dia, generasi muda Papua harus berani menahan diri tidak melakukan hubungan seksual sembarangan. "Karena kalau generasi muda sakit semua siapa yang akan mengisi pembangunan di Papua kedepannya," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Kaum muda dominasi penggunaan Narkoba di Kabupaten Jayapura

Selanjutnya

ISBI Papua menggelar workshop kewirausahaan mahasiswa

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe