Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Noken akan menjadi cinderamata PON XX
  • Senin, 04 Desember 2017 — 16:24
  • 842x views

Noken akan menjadi cinderamata PON XX

Salah satu produk kerajinan khas Papua itu diberikan kepada para tamu dan atlet yang mengikuti kegiatan tersebut.
Salah satu ibu yang merajut Noken dari kulit kayu untuk di jual. Jubi / Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 21:50 WP
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 16:20 WP
Features |
Kamis, 21 Juni 2018 | 17:48 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani,Jubi - Noken akan menjadi  cinderamata pada momentum Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX tahun 2018 mendatang. Salah satu produk kerajinan khas Papua itu diberikan kepada para tamu dan atlet yang mengikuti kegiatan tersebut.

Karena itu ciri khas daerah sebagai cinderamata kepada setiap tamu PON XX,” kata salah satu legislator Papua, Christina Luluporo, di Sentani. Senin ( 4/12/2017).

Menurut dia, Noken sudah menjadi benda warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Papau secara khusus di kampung-kampung dapat membiasakan memproduksi Noken sebanyak-banyaknya.

Christina menyebutkan produksi Noken akan memerlukan bahan baku yang banyak. Ia mempertimbnagkan  kesediaan masyarakat  apakah mampu pengadaan benda tersebut.

"Pastinya ada biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan Noken yang jumlahnya bukan sedikit, apakah masyarakat kita mampu atau tidak,” kata Christina, menambahkan.

Ia memastikan keberadaan Noken yang hendak diproduksi banyak  untuk menyambut PON XX itu akan  berdampak pendapatan ekonomi warga dan pengrajin .

Salah satu tokoh masyarakat di Sentani, Yafet Felle, mengatakan pemenuhan Noken sebagai cinderamata dalam PON XX membutuhkan kerja keras semua pihak. “Terutama Pemerintah, harus memanfaatkan tenaga  ahli dan juga komunitas yang sudah terbiasa menganyam Noken,” kata Yafet.

Namun ia mengingatkan bahan baku Noken sulit didapat berasal dari tanaman yang tumbuh liar di hutan. "Harus memanfaatkan tenaga dan orang-orang yang paham,” katanya.

Ia menyarankan saat ini harus mulai penangkaran bahan baku sebagai  cara yang efektif  memenuhi kebutuhan Noken untuk cinderamata PON XX. (*)

loading...

Sebelumnya

Konopa bedah Noken dari beragam perspektif

Selanjutnya

Fasilitas pendidikan dipalang pemilik hak ulayat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat