Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Puluhan jembatan penghubung Wamena-Kenyam rampung 2017
  • Senin, 04 Desember 2017 — 20:45
  • 4752x views

Puluhan jembatan penghubung Wamena-Kenyam rampung 2017

Jembatan itu bagian dari 35 jembatan yang akan dibangun sepanjang ruas jalan trans Papua Wamena, dari Jayawijaya ke Kenyam Nduga.
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan jalan trans Papua di Habema-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi – Tercatat 10 jembatan penghubung Wamena-Kenyam  dipastikan rampung di akhir tahun 2017. Jembatan itu bagian dari 35 jembatan yang akan dibangun sepanjang ruas jalan trans Papua Wamena, dari Jayawijaya ke Kenyam Nduga.

“Untuk jalan trans Papua Wamena-Kenyam sendiri sudah tembus, namun ada beberapa great atau kemiringan yang tinggi perlu diturunkan kembali,” kata Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) wilayah IV Papua, Togap Harianto Manik,

Menurut  Harianto saat ini sedang dilaksanakan dua kontrak multi years sebanyak 35 jembatan, tahun ini baru bisa diselesaikan sekitar 10 jembatan, sedangkan 25 jembatan akan diselesaikan 2018 hingga 2019.

Sebanyak 10 jembatan yang sedang dibangun itu menggunakan rangka besi dengan panjang bervariasi dan melewati jalur sungai yang deras serta berbahaya bagi masyarakat yang melintas.

"Jadi ada yang bentang atau panjangnya 100, 80 dan 60 yang mungkin arusnya cukup deras sehingga tidak mungkin dilewati kendaraan,” kata Harianto menjelaskan.

Selain jalan dari Wamena ke Kenyam, pelaksanaan jalan nasional wilayah V Puncak Jaya juga ditargetkan selesai tahun 2019, termasuk  ruas jalan dari Wamena hingga ke Sugapa di Kabupaten Intan Jaya.

Kepala Satker pelaksanaan jalan nasional wilayah V Puncak Jaya, La Hanafi menyatakan  akses ke Puncak Jaya dengan enam kabupaten yang dilewati meliputi Jayawijaya, Tolikara, Puncak, Puncak Jaya, Yahukimo, dan Lanny Jaya ditarget dalam program jalan trans Papua.

“Mulai dari Wamena ke batas Enarotali yaitu di Sugapa bisa tembus di 2019,” kata Hanafi.

Selain itu, PJN wilayah V Puncak Jaya juga tengah mengerjakan jalan mulai dari Dekai di kabupaten Yahukimo  ke arah Kenyam, kabupaten Nduga, menjadi jalan trans Papua dari Satker Jayawijaya Wamena ke Kenyam.

“Jadi kami mohon dukungan Pemda dan masyarakat secara non teknis, karena secara teknis kita siap melaksanakan itu,” katanya.

Jika dihitung total pengeraan sudah mencapai 78 persen, namun ia memastikan bukan hanya dari satu arah. Tercatat ada beberapa arah, seperti Sugapa ke Bioga, Bioga ke Sugapa, Bioga-Illaga, Illaga ke Bioga. (*)

loading...

Sebelumnya

Lapangan terbang Trikora bakal ditingkatkan

Selanjutnya

Subsidi perintis kargo ke Distrik Trikora terkendala modal

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe