Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Legislator ingin TNI AU bentuk tim usut penyelundupan minol ke Wamena
  • Senin, 04 Desember 2017 — 20:56
  • 893x views

Legislator ingin TNI AU bentuk tim usut penyelundupan minol ke Wamena

"Saya pikir ini perlu, supaya semua jelas. Selain itu, pemasok juga harus dihukum sesuai aturan yang berlaku," kata Nioluen kepada Jubi, Senin (4/12/2017).
Barang bukti ember cat berisi minol jenis vodka yang diamankan di Polsek kawasan Bandara Wamena - Jubi/Islami
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Legislator Papua dari daerah pemilihan Lanny Jaya, Jayawijaya, dan Nduga, Nioluen Kotouki mengatakan, TNI AU perlu membentuk tim guna mengusut penyelundupan 700 botol minuman beralkohol (minol) jenis vodka ke Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya yang disita polisi, Rabu (29/11/2017).

Menurutnya, TNI AU perlu membentuk tim untuk memastikan dugaan apakah benar ratusan botol minol itu dibawa ke Wamena menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU atau tidak.

"Saya pikir ini perlu, supaya semua jelas. Selain itu, pemasok juga harus dihukum sesuai aturan yang berlaku," kata Nioluen kepada Jubi, Senin (4/12/2017).

Katanya, pihak polisi dan TNI di Papua harus tegas mengawasi jajarannya, jangan sampai ada di antara mereka terlibat hal-hal yang tak diinginkan.

"Kami sedikit kesal karena ada minol yang dikirim ke Wamena diduga menggunakan pesawat Hercules. Kami harap pihak TNI AU tegas dalam mengusut dugaan ini," ujarnya.

Menurutnya, selama ini minol yang beredar di wilayah pegunungan tengah dipasok melalui Wamena. Dari sana, minol akan didistrubusikan ke kabupaten lain di wilayah itu. Harganya mencapai Rp500-800 ribu per botol untuk jenis vodka.

"Gubernur Papua, wali kota, bupati dan aparat keamanan, kejaksaan dan pihak terkait lainnya telah menandatangani pakta integritas pelarangan peredaran minol," katanya.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berjanji akan menindak tegas oknum TNI AU jika terbukti terlibat dugaan penyelundupan minol menggunakan pesawat C-130 Hercules di Papua.

"Masih proses penyelidikan, sebentar lagi tim akan melaporkan ke saya," kata KSAU saat meresmikan lima pesawat koleksi baru Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, Minggu (3/12/2017).

Menurutnya hanya dua pilihan, kalau memang tidak terbukti bebas, kalau terbukti langsung diganti. Namun kini sedang menunggu laporan lengkap dugaan oknum TNI AU yang menyelundupkan ratusan botol vodka itu.

KSAU mengaku sudah beberapa kali menekankan kepada prajuritnya untuk tidak melakukan pelanggaran, karena tujuan utama TNI AU di Papua adalah membantu kesulitan masyarakat mengenai transportasi, misi kemanusiaan, hingga mendukung program pemerintah menekan disparitas harga.

Kepolisian sektor kawasan Bandara Wamena, Rabu (29/11/2017) mengamankan 700 botol minuman beralkohol jenis vodka yang dimasukkan ke dalam 32 ember cat tembok ukuran 20 kilogram di kargo bandara.

Terbongkarnya upaya penyulundupan minol itu diketahui setelah Polsek Bandara Wamena membuntuti salah satu mobil pick up milik toko Holandia di Wamena.

Kabid Humas Polda Papua, Kombespol Ahmad Kamal mengatakan ember berisi vodka ini dibawa menggunakan pesawat Hercules C/130-1326 milik TNI AU yang terbang dari Bandara Mopah Kabupaten Merauke..

“Pesawat Hercules tiba di Wamena, Rabu (29/11/2017), dari Merauke dengan membawa berbagai barang kebutuhan masyarakat seperti sembako, semen dan minuman kemasan serta cat yang ternyata berisi minuman beralkohol jenis vodka,” kata Kombespol Kamal.

Namun Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba mengatakan, penyitaan ratusan botol vodka ini tidak ada kaitannya dengan aviasi mana pun. Barang bukti didapat di salah satu toko di Wamena, saat ember cat itu akan diturunkan dari kendaraan. (*)

loading...

Sebelumnya

Posisi Kadis ESDM diharap bebas dari kesalahan perizinan tambang masa lalu

Selanjutnya

Generasi muda Papua diingatkan jaga keberlangsungan noken

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe