Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. PM Samoa tertawakan rencana protes
  • Selasa, 05 Desember 2017 — 10:20
  • 600x views

PM Samoa tertawakan rencana protes

Dia mengatakan bahwa orang-orang yang mempromosikan gagasan tersebut ada di balik blogger anonim seperti “O le Palemia” (OLP) dan blog-blog anti-pemerintah lainnya.
Kelompok itu dikatakan tidak senang dengan sejumlah isu termasuk apa yang mereka sebut Undang-undang reformsi tanah yang ilegal, UU LTR (Land Torren System) 2008 – Samoa Observer
Admin Jubi
redaksionline@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Apia, Jubi – Perdana Menteri Samoa Tuilaepa Sa'ilele Malielegaoi menertawakan rencana suatu kelompok yang dikenal sebagai “Samoa Solidarity International (SSI)” melakukan demonstrasi protes hari Sabtu 16 Desember 2017 mendatang.

Kelompok itu dikatakan akan memprotes sejumlah isu termasuk apa yang mereka sebut “undang-undang reformsi tanah yang ilegal, UU LTR (Land Torren System) 2008,” mengklaim bahwa Undang-Undang tersebut “disahkan dengan melanggar Konstitusi Samoa karena menghapus larangan konstitusional terhadap pemindahtanganan Tanah Adat.”

Namun PM Tuilaepa mengatakan banyak dari orang-orang di kelompok itu - termasuk blogger online yang anonim – tidak waras.

“Orang-orang ini mencari keuntungan finansial yang memungkinkan mereka melakukan perjalanan-perjalanan ke luar negeri untuk menghadiri pertemuan yang berkaitan dengan isu-isu tanah kita,” kata Tuilaepa.

Dia tidak menyebutkan nama siapa pun secara khusus.

Namun dia mengatakan bahwa orang-orang yang mempromosikan gagasan tersebut ada di balik blogger anonim seperti “O le Palemia” (OLP) dan blog-blog anti-pemerintah lainnya.

“Ini adalah orang-orang yang sama yang bersembunyi di balik OLP dan saya senang bisa melihat wajah mereka di depan umum (di demonstrasi protes) nantinya,” kata Tuilaepa.

“Saya tahu siapa mereka. Rencana demonstrasi ini bagus karena akan memungkinkan publik mengetahui langsung siapa orang-orang ini yang telah memfitnah dan secara terbuka mengritik masyarakat kita.”

Ketika ditanya apakah pemerintahnya akan memberi mereka izin melakukan demo, PM Tuilaepa mengatakan keputusan untuk hal itu dibuat oleh Komisaris Polisi, Fuiava Egon Keil, berdasarkan kepantasannya. Sebagai Menteri Kepolisian, dia mengatakan tidak ingin mengganggu peran Fuiava.

Tapi rencana protes itu menarik, kata Perdana Menteri.

Sistem Torren Land adalah solusi yang diambil dalam menghadapi situasi yang dihadapi masyarakat yang membeli tanah tanpa dokumen kepemilikan yang layak dari pemilik tanah.

PM Tuilaepa lalu mengingatkan bahwa konsultasi publik mengenai masalah yang dimaksud sudah dilaksanakan sebelumnya.(Samoa Observer/Elisabeth C.Giay)

loading...

Sebelumnya

Kaledonia Baru dan Papua Nugini: Tambang skala besar dan politik lokal

Selanjutnya

Penerbit buku-buku Pasifik genap satu dekade

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe