Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Domberai
  3. Festival Budaya Teluk Wondama dimeriahkan tarian hingga kuliner
  • Selasa, 05 Desember 2017 — 17:12
  • 2155x views

Festival Budaya Teluk Wondama dimeriahkan tarian hingga kuliner

Sejumlah tarian etnik, berbagai karya seni, hingga lomba cipta menu kuliner khas daerah memeriahkan Festival Budaya Wondama yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.
Seruling tambur, salah satu yang ditampilkan dalam Festival Budaya Teluk Wondama 2017 – Jubi/IST
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wasior, Jubi - Sejumlah tarian etnik, berbagai karya seni, hingga lomba cipta menu kuliner khas daerah memeriahkan Festival Budaya Wondama yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Dibuka oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, sejak Senin (4/122017) pagi, puluhan stan pameran telah dipadati pengunjung. Selama tiga hari berbagai seni dan budaya masyarakat suku Wandamen akan menghiasi pameran.

Kegiatan ini digelar untuk memperkenalkan berbagai potensi dan kekayaan daerah ke mata publik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengangkat sektor pariwisata di daerah ini.

"Dengan festival seni budaya ini kita tunjukkan tidak hanya Raja Ampat yang dikenal di tingkat dunia. Kita punya Teluk Wondama, Kaimana, Manokwari, Pegunungan Arfak. Hampir semua kabupaten punya potensi yang luar biasa," kata Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, saat membuka kegiatan tersebut.

Gubernur datang ke Wasior didampingi anggota DPR Papua Barat, Jhoni Dimara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Bara,t Edi Sumarwanto, serta Kepala Dinas Perindagkop, George Yarangga.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Benni G Saroy, juga turut hadir pada festival tersebut.

Festival berlangsung dari 4 hingga 6 Desember 2017. Selama tiga hari pengunjung akan dimanjakan dengan penampilan beragam kegiatan dari parade budaya Nusantara, pameran seni budaya dan kerajinan, atraksi seni berupa pentas tarian dan music, serta lomba membuat perahu hias.

Ada pula pameran foto, body painting, hingga lomba cipta menu kuliner khas masyarakat suku Wandamen. Kegiatan ini melibatkan peserta dari 13 distrik di Kabupaten Teluk Wondama juga dari komunitas seni serta lembaga swadaya masyarakat atau LSM.

Festival Wondama, kata Dominggus, merupakan terobosan positif dalam menjaga nilai-nilai seni budaya serta warisan leluhur. Disisi lain, kegiatan ini efektif untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata.

Dia berharap festival menjadi agenda tetap yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun.

"Ini aset budaya yang nanti memperkaya aset nasional. Memang harus kita mulai sehingga bisa diekspos dan semua orang bisa tahu bahwa Papua atau Papua Barat tidak hanya Raja Ampat, tapi ada juga Wondama," ujar Dominggus.

Bupati Teluk Wondama, Bernadus A Imburi, mengakui keindahan alam baik di darat, pesisir, laut hingga bawah laut yang di Teluk Wondama belum dikelola secara optimal sebagai objek wisata.

"Festival Wondama diharapkan menjadi salah satu jalan keluar untuk mengangkat dan memperkenalkan pesona Wondama ke seluruh pelosok tanah air bahkan dunia. Melalui festival ini kami ingin perkenalkan Teluk Wondama sebagai pusat destinasi wisata bahari," sebut Imburi.

Kepal Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC), Benny G Saroy, menuturkan Teluk Wondama masuk dalam kawasan taman nasional. Daerah ini memiliki potensi pariwisata luar biasa.

Selain bahari, Teluk Wondama memiliki potensi lain seperti situs religi dan budaya yang cukup menarik.

"Di sini pun ada tempat pemantauan burung cenderawasih. Di beberapa lokasi sudah terbentuk menjadi desa wisata, diantaranya Kampung Aisandami," sebutnya.

Ia berharap perhatian pemerintah daerah, baik kabupaten maupun provinsi, lebih serius. Saat ini BBTNTC bersama Word Wide Fun (WWF) sedang mengembangkan konsep pariwisata berbasis masyarakat di kawasan ini. (*)

loading...

Sebelumnya

Demi sawit oknum Brimob diduga aniaya pemilik ulayat

Selanjutnya

Terbentur moratorium, penerimaan calon hakim tunggu empat tahun lagi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe