Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Tolikara,‎ bakar batu wam hingga ayam untuk rekonsiliasi dan syukuran
  • Rabu, 06 Desember 2017 — 10:01
  • 634x views

Tolikara,‎ bakar batu wam hingga ayam untuk rekonsiliasi dan syukuran

Ribuan masyarakat di lapangan Merah Putih Karubaga, Rabu (6/12/2017) ini, akan menjadi saksi sejarah bagi ‘pemulihan’ hubungan antar saudara yang telah dirusak bahkan hingga perang dingin yang telah berlangsung sejak Pilkada Serentak 2017 di Tolikara.
Epius Obama Tabo (kemeja putih kotak-kotak) meninjau persiapan bakar batu di lapangan Merah Putih Karubaga – Jubi/IST
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Ribuan masyarakat di lapangan Merah Putih Karubaga, Rabu (6/12/2017) ini, akan menjadi saksi sejarah bagi ‘pemulihan’ hubungan antar saudara yang telah dirusak bahkan hingga perang dingin yang telah berlangsung sejak Pilkada Serentak 2017 di Tolikara.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo kepada Jubi via seluler, Senin (4/12/2017).

"(Hari) Rabu besok itu akan jadi hari bersejarah bagi Tolikara. Kami sangat bersyukur dan berdoa agar semua berjalan lancar, kembali kondusif, dan pembangunan daerah kembali berjalan," kata Dinus.

Dinus Wanimbo menjelaskan hari bersejarah pada Rabu ini akan diisi tiga agenda sekaligus yaitu pengucapan syukur atas pelantikan Usman Wanimbo dan Dinus Wanimbo sebagai kepala daerah Tolikara periode 2017-2022, Natal Pemkab Tolikara bersama masyarakat, dan rekonsiliasi hubungan semua kandidat dan pendukungnya pasca Pilkada Tolikara 2017.

Secara terpisah, Epius Obama Tabo, Wakil Ketua I DPRD Tolikara yang juga ketua panitia kegiatan, menerangkan tiga agenda berbeda tersebut sengaja digabung dalam satu perhelatan acara hari ini dengan melihat momentum saat ini. Ketiga agenda ini saling berkaitan sehingga tepat diselenggarakan bersamaan.

"Karena bulan Desember jadi kami satukan dengan Natal pemerintah bersama masyarakat sekaligus acara syukuran pelantikan bupati dan wakil bupati, juga acara rekonsilisi dengan pendukung calon nomor urut 2, 3, yang pemahamannya beda kami satukan untuk rekonsiliasi berdamai dan ke depan kami mau dukung pemerintahan yang sedang berjalan ini," ucap Obama.

Rekonsiliasi

Terkait rekonsiliasi atau pemulihan, menurut Obama, informasi dan undangan telah disampaikan kepada semua pihak. Khususnya kepada dua kandidat yakni Jhon Tabo-Barnabas Weya dan Amos Yikwa-Rebeka Enembe beserta pendukungnya. 

Kendati demikian, Obama tidak dapat memastikan kehadiran dua pasangan tersebut.

"Pak Jhon Tabo-Barnabas Weya dan Amos Yikwa-Rebeca Enembe, kami sementara percayakan orang-orang pendukung mereka untuk komunikasi. Jadi kami belum bisa pastikan apakah mereka hadir atau tidak tapi masyarakat pendukung mereka sudah bersedia hadir bikin acara sama-sama," ujarnya.

Undangan juga telah diberikan kepada semua pihak terkait seperti aparat keamanan dan kejaksaan.

"Kami undang untuk mereka menyaksikan. Sekaligus Gubernur, Kapolda, Pangdam, dan Kejaksaan," ucapnya.

Bakar batu wam dan ayam

Kembali dijelaskan Wakil Bupati Dinus Wanimbo, acara syukuran dan rekonsiliasi tersebut akan ditandai dengan makan bersama makanan yang dimasak secara tradisional.

"Kita buat makan bersama. Masyarakat sudah susun batu dan kayu, sudah gali kolam juga, jadi kolamnya nanti untuk dua jenis, ada yang untuk ayam dan di bagian lain kolam khusus wam (babi-Red). Kita bedakan untuk hormati saudara kita yang muslim," kata Dinus. 

Dinus berharap seluruh persoalan yang sangat menyita energi pemerintah, aparat keamanan, hingga masyarakat Tolikara, hingga biaya yang tidak sedikit itu segera berlalu.

"Apalagi sekarang bulan Desember, bulan penuh kasih, mari kita saling memaafkan dan bergandengan tangan bangun Tolikara," imbau Dinus Wanimbo. (*)

loading...

Sebelumnya

Pemuda Kingmi diharap siap hadapi perkembangan zaman

Selanjutnya

Dua Puskesmas di Jayawijaya sedang proses akreditasi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe